Curhat : Krisis, “nulis tutorial” dan PayPal

Postingan kali ini isinya hanya sekeder curhat...

Apapun yang terjadi: TETAP POSITIF!

Postingan kali ini isinya hanya sekeder curhat...

Last Modif at September 10th, 2011

Catatan kali ini saya hanya ingin curhat tentang masalah yang saya hadapi sampai pengalan nulis untuk blog luar negri hingga proses pencairan yang ngga kudung rampung.

Nulis di blog luar, why?

Ceritanya gini, pas itu saya lagi dapat musibah atau bisa dikatakan cobaan lah, dan pas musibah itu datang, kebetulan juga saya ngga punya duit sama sekali, ya bisa dikatakan sekarat lah ‘coba bayangkan’ buat beli rokok aja ngga ada’ Masa-masa itu adalah situasi yang sangat sulit bagi saya, sudah dapat musibah, dikejar deadline, ngga ada duit pula. Hancur dah pokoknya…
Derita saya bertambah lagi disini, biasanya kalo saya lagi ‘misal lagi ngga ada duit’, temen-teman bersedia membantu, ini ngga ‘seorangpun ngga ada yang membantu’, hasilnya ketika itu aku rada-rada frustasi…

Dari rasa frustasi itu, dipikiran saya hanya ‘gimana cara supaya saya bisa mendapatkan duit yang jumlahnya lumanyan dan dalam waktu yang singkat?’ Sempat terlintas untuk jual barang yang saya miliki, tapi karena berbagai pertimbangan akhirnya ngga jadi.
Sekedar catatan, saya memang memiliki project, tapi project itu lumayan rumit, dan waktu yang saya butuhkan lumanyan lama, dan fee-nya juga ngga gede amat.’jujur saya malu mengatakan harga yang dikasih’, maaf ya ‘saya tidak ingin mencoreng citra web designer indonesia’, dari pengalaman saya ‘rata-rata harga jasa freelance web designer indonesia dengan Client lokal itu dibawah standard jika dibandingkan freelance dari luar’. Terlepas dari itu, sebuah harga sebenarnya ngga terlalu jadi masalah, yang jadi masalah adalah bagaimana ‘rasa terima kasih ke si desainer web’. Disini kita harus memperhatikan kondisi ekonomi client, ilustrasikan client 1, masih anak kuliahan dan ngekost pula, lalu client 2 seorang pejabat. Dari ilustrasi tadi, jika kita mematok harga misal 5 juta, pasti client 1 langsung bilang ogah, dan client 2 mungkin masih berpikir dan bisa saja deal. Misal lagi kita mematok harga 500rb, client 1 pasti masih mikir, dan client kedua langsung bilang YES + senang. Inilah yang harus kita pertimbangkan, saya sendiri menyerahkan keputusan harga dari pihak client, kalo dia bilang segitu ya segitu ‘saya terima “kalo lagi lowong” :)’. Ya pada intinya, harga itu ngga usah terlalu dipermasalahkan, lain hal jika ‘misal clientnya pejabat’ lalu ngasih harga misal 300rb, ‘suruh ngoding sendiri hahaha’
Lanjut ke cerita frustasi, disini saya masih buntu, gimana yah cara dapetin secara cepat? Kalo pasang iklan di blog ini mustahil, karena visitornya hanya yg mau belajar web saja, dan itu ngga menarik buat pengiklan.
Untungnya, ketika itu saya sering mampir ke blognya kang Jeprie, disitu ada postingan yang berjudul ’14 situs yang berani membayar anda’.
Setelah membaca postingan tadi, sayapun mengunjungi beberapa situs yang ada di postingan tadi, baca postingan dan syarat + ketentuan, ‘yes, ngga terlalu ribet’, kuncinya adalah content original. Lagian ‘beberapa situs yang mau membayar kita itu’ postinganya ngga terlalu hebat kok, alias ‘setara dengan postingan dalam negri’ :)

Akhirnya, sayapun mulai nulis 2 tutorial, dan kedua tutorial itu hanya jadi dalam sehari ‘idenya emang sudah ada di indaam.net ini, hanya saja sedikit diperbarui’, dan sayangnya saya sama sekali ngga bisa bahasa inggris, ya tahu sendiri kan gimana tulisan saya? Bahasa indo aja ngga karuan, gimana bahasa inggris? hancur dah pokoknya.
Untungnya, saya punya temen yang jago bahasa inggris ‘kebetulan juga dia adalah calon client saya’. Ketika itu saya meminta untuk mentranslate tulisan saya kedalam bahasa inggris, dan dia bilang fee-nya gratis untuk saya, wah tertolong banget aku. Tapi dalam hati, saya sudah janji kalo artikel saya di approved, saya akan memberi imbalan yang setimpal.
48+ jam kemudian, artikel saya sudah berbahasa inggris, yes ‘tinggal di submit’.
Sampai disini saya lumayan bimbang, mau di submit dimana, Kan banyak? Kalo submit ke beberapa situs sekaligus, ITUKAN NYEPAM!

Pertama saya submit di net.tutplus.com, pasti semua sudah tahukan situs ini? Beberapa hari berlalu, ngga ada respon. Akhirnya sayapun emailin tutplus.com, responya positif, email saya dibalas oleh si Je*fre* w*y. Kami sampat bercakap, tapi karena basa-basinya banyak. Saya langsung tanya intinya, Ketika itu saya bertanya, apakah tulisan saya tidak di terima? 2 hari kemudian baru dibalas, dan dia bilang, “maaf, untuk saat ini tulisan saya tidak di terima”, terima kasih. Lalu saya balas ‘terima kasih, saya akan membuat yang jauh lebih baik’

Akhirnya, saya mencoba di situs lain, Kemana? Saya sempet emailin 1stwebsesigner.com dan smashingmagazine.com, hahaha ‘web designer mana yg ngga kenal situs ini?’
Syarat di smashingmagazine.com, terbilang rumit, selain harus original, tulisan juga ngga boleh hanya sekedar tutorial, ya pokoknya harus berkualitas super, setelah itu diperiksa lagi oleh 30 developer, dan bukan itu saja, kita juga harus memberitahu siapa kita, apa yang kita buat, apa penetrasi, dan portfolio juga dan masih banyak lagi. kalo saya turutin, ngga mungkin diterima, karena tulisan saya mentok tutorial’, dan portofolio saya masih standar belum lagi gaya bahasa yang hancur. Tapi harga yang di tawarkan smashingmagazine.com lumayan gede sekitar $100 – 400 tergantung panjang dan kualitas. Next, 1stwebdesigner.com, email balasanya lumayan lama, sekitar 3 hari. Dan yang pertama dia bilang, kami tidak menerima pencuri/plagiator content. Lalu ditanya lagi, siapa kita, dan apa yang sudah anda buat, dan pertanyaan terakhir ‘apakah kita mau menjadi penulis tetap di 1WD?. yah, saya membalas seadanya saja, saya jawab sesuai dengan fakta dan kondisi saya. Sayangnya, sampai tulisan ini saya publish, email kedua saya belum diabalas.
Ralat : Email saya dibalas seminggu kemudian oleh si Da*ni*, dia bilang website saya unik ‘wah dapat pujian’, dan sayangnya dia bilang, kami tidak tertarik penulis ‘one time’, lalu saya menjawab, saya tidak punya waktu untuk menjadi penulis fulltime di 1WD. Kali ini balasanya cepat, dia bilang, ‘hay kami tidak membahas fulltime, kami hanya ingin kontributor yang tetap. Misal, seminggu untuk satu artikel. Sampai disini saya lagi yg ngga balas, saya bingung/ragu ‘apakah saya sanggup menulis 1 artikel berkualitas per minggu di sela-sela project saya, lagian saya memang belum niat jadi penulis tetap. 3 hari kemudian, saya jawab : saya sangat tertarik menjadi kontributor di 1WD, sayangnya, saya tidak mampu memulis 1 artikel per minggu, kalau 1 artikel per bulan?
Sekitar 2 hari kemudian di balas dengan kata-kata bijak, intinya dia bilang ‘jarang menulis tidak akan membuat anda sukses’, End

Dan, yang terakhir adalah hongkiat.com dan webdesignfan.com. Hongkiat dan webdesignfan ini enak, karena artikel kita bisa langsung di submit, jadi ngga perlu basa-basi, setelah itu mereka akan ngecek artikel kita, dan katanya paling lambat 5 hari, kalo ngga ada respon berarti ditolak.
Alhamdulliah, sehari kemudian, ada email dari hongkiat.com, dia bilang pretty good. Lalu saya bertanya, apalah artikel saya diterima? Dia balas, yeap bla bla bla. Lalu saya bertanya lagi, apakah dibayar? #matre asiknya pihak hongkiat.com ini ngga pake basa-basi, email balasan dari hongkiat.com langsung mematok harga, dan artikel saya dihargai $100, sebenarnya harga itu sudah cukup di pikiran saya, tapi karena saya ngga mau dibilang kontributor murahan, sayapun tidak langsung menerima lalu membalas ‘saya setuju jika $120′, apakah anda setuju? Dan ‘yes’, email balasanya positif, dia bilang. Setuju, silakan kirim faktur/invoice(paypal) ke bla..bla..bla, dengan bla…bla…bla dan bla…bla..bla…
Lalu hongkiat meminta biografi saya, seperti nama yang akan ditampilkan, bio dan avatar dll.

Sampai disini saya bingung, apa itu invoice/faktur? Saya sempat salah kaprah, awalnya saya pikir faktur itu adalah halaman pembayaran hahaha, pengalaman baru + ngga paham bhs ing soalnya. Dan ternyata, faktur/invoice itu adalah sejenis tagihan.
Dan alhamdullah, sekitar 6 jam setelah faktur itu saya kirim atau belum juga artikel saya di publish, pihak hongkiat.com emailin saya dan mengatakan, pembayaran telah dikirim.
Setelah itu sayapun cek akun paypal saya, berhubung ngga ada koneksi internet, mau ngga mau cek lewat paypal mobile.

paypal mobile

Lanjut, isi email terakhir dari pihak hongkiat.com mengatakan, ‘apakah anda ingin berkontribusi untuk tulisan yang lebih berkualitas?’ saya menjawab, yah!

paypal

Akhirnya, sayapun mengirim artikel kedua saya, ‘awalnya sayakan emang nulis dua tutorial’, setelah itu saya kirim lagi deh… Apakah diterima? Belum ada respon :)

Celakanya, pas artikel itu saya kirim ke hongkiat.com, ada email dari webdesignfan.com mereka bilang, tutorial saya diterima dan akan dipublish besok, sampai disini saya sangat panik karena artikel yang mau di publish webdesignfan.com itu sudah saya submit juga di hongkiat.com. Awalnya saya berpikir webdesignfan.com tidak menerima tulisan saya, abisnya kelamaan balasnya. Jadi ya terpaksa di submit ke hongkiat.com. Keputusan yang lumayan berat saya ambil disini, dengan terpaksa ‘saya membatalkan kerja sama dengan webdesignfan.com ‘padahal sudah diterima loh’, ketika itu saya bilang.
Maaf, tutorial ini jangan dipublish, ada sedikit masalah, dan dugaan saya, webdesignfan.com kecewa, dan mungkin saja nama saya rusak. Apologies

4 hari kemudian, artikel kedua saya tidak diterima hongkiat.com, di bilang, article saya inovatif, sayangnya di archive mereka sudah ada judul yang sama, lalu dia bilang, saya ingin membuat judul yang belum ada di daftar kami. Dan, yeah ‘kamipun berdiskusi’ untuk menentukan judul, mmm apa yah?
Ketika itu, saya menawarkan artikel dengan judul ‘how to make bla.. Bla.. Bla..’ #rahasia :D
Beberapa hari kemudian hongkiat mengatakan, yeap mari kita mengerjakan itu… lalu saya membalas, silakan tunggu ‘saya akan menulisnya’ lalu saya bertanya, kapan artikel pertama saya di terbitkan? Dia bilang, pertengahan bulan oktober, kami akan memberi tahu anda jika artikel itu sudah diterbitkan.
#lemot banget yah? Padahal hongkiat.com ini hampir update tiap hari…

Pengalaman dengan paypal

paypal

Akun paypal saya ini, sudah verifield sejak tahun lalu, ketika itu cara verifikasinya mudah karena syaratnya kita hanya memerlukan no rekening.
Nb : kalo belum tahu apa itu paypal, silakan googling

Proses withdraw…

Setelah menerima pembayaran dari hongkiat.com sayapun melakukan withdraw ke bank lokal dengan tujuan no rek saya(BRI), ketika itu saya memasukan nominal $105, dan katanya dibutuhkan waktu sekitar 2-4 hari, sehingga bla… Bla…

withdraw paypal

Nasib saya bener-bener ngga baik disini, setelah saya melakukan withdraw, tiba-tiba akun paypal saya dibatasi, alasanya pada tgl bla.. Bla.. paypal melihat aktivitas login yang aneh… Yah, bagaimana ngga aneh kalo saya memang membuka paypal lewat warnet? Ketika itu saya membuka akun paypal dengan 4 IP berbeda.

paypal dibatasi

Akhirnya sayapun mengajukan banding ke paypal, dengan tujuan untuk membuka akun saya yang dibatasi. Ketika itu saya kirim email ke paypal dengan subjet ‘please restore my account’ dan melampirkan scan(screenchot) ktp, dan buku tabungan. Sepertinya, nasib saya emang lg ngga baik, banding saya di tolak oleh paypal dan akun saya DItutup, tanpa bisa di restore lagi ;( :'(

paypal dibatasi

Saya ngga begitu risau ketika itu karena, balance paypal saya sisa $10, ngga apa-apalah, nantikan bisa buat akun baru dan nulis lagi :D
Sampai disini, saya hanya menunggu proses transfer dari paypal…
Sesuai dengan janji paypal(proses withdrwal) sekitar 2-4 hari kerja, dan pada hari H, akhirnya cek di atm terdekat, ketika itu belum masuk?
Ahh, lamanya… Lagi butuh d*it oi…
Sehari kemudian, ada email dari paypal dengan isi : withdrawal denied, wew cobaan apa lagi ini? :'( ;(
Inti dari isi emailnya, mengatakan ada kesalahan informasi akun dengan dengan informasi rekening saya. Silakan hubungi bank anda.

withdraw denied

Dihari itu juga ‘siang menjelang sore’, sayapun ke BRI untuk memastikan kesalahan informasi yang di sebutkan oleh paypal. Sampai di BRI, saya langsung ke CS-nya, mmm CS BRI ini adalah sesosok wanita muda, berperawakan hitam very sweet dan menggunakan krudung, #wanita_idaman hahaha
Ketika itu saya bertanya, pernah ngga ada transfer dari luar ke no rekening saya? Setelah di cek, si CS yang manis itu mangatakan ‘ngga ada’ ???
Dalam hati : kok ngga ada? Salahnya dimana? Awalnya saya berasumsi kesalahanya ada di nama rek saya, nama di rek saya adalah Irham dan nama di akun paypal saya adalah Irham kendeni.
Tapikan, si CS sweet itu mengatakan ‘tidak ada transaksi ke rek saya yang dibatalkan’ atau memang ngga ada transaksi ke rek saya. Jadi, intinya kesalahan ada di no-rek.
Akhirnya, sayapun pergi ke Warnet untuk ngecek akun paypal saya, dan dana withdraw yang gagal itu, dikembalikan ke akun paypal saya, sayangnya di potong sekitar $12.
Sayanya lagi, saya sudah ngga bisa berbuat apa-apa dgn akun paypal saya itu, saya sempat menambahkan bank account, tapi ngga bisa, mau transfer juga ngga bisa. Anehnya, disini saya masih bisa withdraw, akhirnya sayapun menarik dana lagi ke no-rek saya yang gagal itu.

transfer

Inilah efek dari frustasi, sudah jelas no rek-nya salah, masih juga di transfer(witdraw), abisnya mau diapain coba? Mau nunggu 180 hari? Ah, bebek panggang di rebus, lenyap rasa sedapnya.
Sebenarnya, kesalahan no-rek saya ada di kode cabang bank. Kode BRI adalah 002. Di paypal kita diminta memasukkan kode SWIFT yang terdiri 7 digit angka.
Jadi kode SWIFT untuk BRI adalah 002-diikuti-4-digit-kode-cabang-bank/sesuiakan.
Untuk kasus saya, kode yang saya masukan adalah 0020307 dimana seharusnya adalah 0024506.

Apakah saya tidak beruntung?

Walaupun sampai detik ini bayaran atas jasa menulis itu belum cair, saya tetap beruntung karena nantinya artikel saya itu akan dibaca banyak orang, ya saya berharap tulisan saya itu bisa menginspirasi. Dan kalaupun balance saya di paypal lenyap, itu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk saya dan mungkin untuk pembaca juga, lagian jumlahnya kan ngga begitu gede, kan masih bisa dicari lagi nanti. Yang penting sekarang adalah, saya masih hidup, bisa membaca, ngetik, ngoding, belajar, dan tumbuh. Dan walaupun masalah saya belum kelar, saya tetap bersyukur coz saya memiliki teman-teman yang sangat baik hati, bisa diajak curhat, becandaan, ngolok-ngolok sampai berdepat. yah, saya dan kita masih sangat berutung, so ngga ada yang perlu di risaukan, yang terjadi adalah yang terbaik hahaha sotoi…

Tertarik nulis tutorial?

Seharusnya jika anda memiliki komputer + koneksi internet yang pasti, nulis tutorial ini bisa dijadikan perkejaan sampingan, bayaranya lumayan gede loh, sekitar $30 – 500 per artikel. Jika anda produktif, dalam sebulan bisa dapat berapa, lumayan kan?

Saya sering mampir ke beberapa blog Indonesia, dan rata-rata postingan kita sangat berkualitas, saharusnya jika lagi butuh dana, ‘translate saja ke bahasa inggris lalu submit’, saya yakin pasti diterima! Tapi ingat, tulisan itu harus 100% original. Satu lagi, jika di blog sobat ada tulisan dari blog luar yang di translate ke bahasa indonesia, hapus saja karena ini bisa jadi masalah nantinya, takutnya mereka berpikir kita suka copas dan tidak 100% original.
Theme yang digunakan juga, kalo theme itu buatan orang lain, jangan sampai menghapus credit linknya, JANGAN PERNAH! Karena yang saya tahu web-web luar itu sangat dan sangat membenci pencuri(plagiator)karya orang dan sangat menghargai HKI. Ya, pada intinya originalitas yang utama, kualitas urusan belakang. Opini ini, jika sobat tertarik untuk menjadi kontribusi di luar sana, tapi

Saya ngga bisa bahasa inggris?

Sekarang semuanya serba mudah, kan bisa gunakan ‘jasa translate’, bayaranya juga ngga terlalu mahal kok, paling tinggi mungkin 500rb per artikel, nah kalo tulisan kita di terima? Kan biaya jasa translate tadi bisa ditutupin.

Apakah saya akan nulis ke blog luar lagi?

Untuk sekarang ngga dulu, kecuali janji saya untuk hongkiat.com, lagian saya masih memiliki 2 project yang harus di selesaikan. Dan 1 dari 2 project saya itu adalah project GEDE, yg mungkin memakan waktu sekitar 2-3 bulan lamanya. Suatu saat nanti, saya ingin tulisan saya terbit di 1stwebdesigner, smashingmagazine dan net.tutplus etc.

Sedikit Aneh

Ketika saya submit artikel pertama itu, saya berpikir dikasih $50 sudah cukup, eh ini malah lebih. Kok bisa yah? Padahal itukan sederhana sekali, gimana yah kalo aku buat tutorial yg panjang lebar? Mungkin lebih gede lagi fee-nya :D
Yah, emang sih pemasukan mereka cukup gede, hongkiat.com sendiri ‘setelah saya hitung’ minimal dapat $6000 per bulan, belum lagi pemasukan lain-lain.
Sekedar catatan : hongkiat.com ini masuk dalam daftar smashingmagazine network, yeah ‘lumayan, kalo dibaca sama developer dari smashingmag’, seandadainya tutorialku berbobot, pasti lebih seru, sayangnya ‘very standard’

Yang aku suka

Yang aku suka dari blog luar adalah, mereka sangat menghargai kita dan respon mereka juga sangat positif, ya walaupun balasanya lama tapi mereka ramah, mereka juga ngga tanya umur, sekolah, dan lususan mana, itu menggembirakan untuk yang tidak berpendidikan formal tinggi seperti saya :)

Yah, ini adalah kalimat menjelang akhir, semoga catatan ini berguna untuk sobat-sobat yang membutuhkan sesuatu, semoga juga catatan ini bisa menginspirasi…

Catatan

Walaupun postingan ini hanya berupa curhatan, tapi setidaknya pengalaman saya ini bisa dijadikan acuan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Tips :
1. Jangan membuka akun paypal di dua atau lebih komputer dalam sehari
2. Jika ingin withdraw, pastikan no rek ngga ada yang salah, silakan konsultasi dengan CS bank kamuh.

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

26 thoughts on “Curhat : Krisis, “nulis tutorial” dan PayPal”

  1. Jauhari says:

    Selalu ada jalan menuai kebaikan.. KEEP FIGHT mas bro

  2. Indam says:

    Jauhari,
    Ok kang mas

  3. Rudy Azhar says:

    Panjang lebar curhatnya Mas, saya membutuhkan waktu 14 menit untuk membacanya.

    Saya salut kalau artikel Mas Indaam bisa diterima di situs-situs besar seperti hongkiat dot com, apalagi kalau bisa diterima di Smashing Magazine…. Pasti lebih salut lagi.

  4. Indam says:

    Rudy Azhar,
    Pas nulis sedikit emosional ‘makanya panjang bgt’.
    Thanks mas Rudy, saya punya impian nulis di smashingMag, 1WD, tutsplus, dan suatu saat nanti ‘saya ingin impian itu jadi nyata’, untuk sekarang masih belajar dan nambah/mambangun portfolio dulu, lagian sebenarnya aku masih ada project yang belum rampung.
    Mas Rudy gimana, Tertarik Nulis di Blog luar?

  5. Rudy Azhar says:

    Ya tentu saya tertarik, pernah juga submit snippet ke CSS-Tricks tapi belum di approve. Mungkin Bahasa Inggris saya masih pake google translate…he..he..he…

  6. Indam says:

    Rudy Azhar,
    Untuk berkomunikasi dengan orang luar, saya juga mengandalkan google translate.
    Kalo Artikel, saya ngga berani coz hasil google translate itu kurang memuaskan.
    Well, saling suport ya mas, semoga artikelnya diterima CSS-tricks :)

  7. ganda says:

    Wow, cool. :D Jadi pengen coba-coba :D

    Hmm.. Ini memang sudah biasa terjadi. Kalau sudah kepepet plus stress, biasanya akan jadi kacau. Sepertinya ilmu “Mestakung” terjadi, padasaat kita lagi butuh, ada dapat juga hasilnya, walau berakhir sedikit tidak memuaskan, karena keteledoran kita sendiri sih. :D Lain kali, sebaiknya tenang saja bersikap, walaupun saya tahu saat itu pasti berat untuk memikirkan besok mau makan apa :D

    Btw, project apa nih? :D Bisikin dong :D

  8. indam says:

    Ganda,
    Silakan di coba Bro, bayaranya lumayan buat jajan #kalo_cair

    Ia bro, pas stress itu datang, saya merasa ngga bisa berbuat apa-apa, sulit pokoknya digambarkan dgn kata-kata
    Ia-ia, lain kali mungkin saya bisa mengatasinya, pengalaman ini jadi modal…

    Hehehehe, untuk projectnya rahasi :)
    Entar-lah kalo udah rampung :D

  9. JhezeR says:

    pjg jg ceritanya mas, lumayan jg tuh submit ke hongkiat dpt 115.
    kok ga bisa withdraw? nah pas verifikasi PP bukannya dikasih nominal 2 digit Rp. utk verifikasi lalundim submit???

  10. indam says:

    Jhezer,
    Saya sendiri ngga tahu kenapa, seharusnya no rek saya itu 100% benar karena sebelumnya, pas verifikasi pake no-rek, paypal udah teranfer ke no-rek saya, dua kali malah.
    Awalnya, saya pikir salahnya ada di nama rek saya, tapi pas aku tanya CS BRI, ngga ada tuh tanda-tanda transfer.
    skrg akun paypal saya udah di close, dan balance ditahan 180 hari hahaha…….

  11. Putra Eka says:

    Wah keren banget mas, bisa nulis tutorial di web luar trus dapat bayaran lumayan. Mungkin jadi penulis tutorial di blog luar bisa dijadikan pendapatan sampingan nantinya. Salut

  12. Danu Akbar says:

    Subhanallah…
    Gila, keren banget designnya.
    Company saya lagi butuh web designer untuk full graphic kayak gini. Kalo berminat kirim email ke saya aja :)

  13. indam says:

    Danu Akbar,
    Thanks sebelumnya, dan maaf setelahnya ‘untuk skrg ane lg belum bisa nerima project coz masih ada project yang belum kelar’ :D
    Mungkin dilain waktu kita bisa kerja sama…

  14. Jeprie says:

    Senang sekali artikel saya banyak bermanfaat. Mudah-mudahan ada lebih banyak penulis yang bisa muncul di situs-situs lain.

  15. Indam says:

    Kang Jeprie,
    Saya juga berharap demikian, semoga banyak penulis Indonesia yang bermunculan di situs-situs gede :D

  16. Rouen says:

    gila salut, ga bosen bacanya dari atas ampe bawah, jempol buat mas indam

    sangat menginspirasi

  17. budi says:

    seru banget pengalamannya mas, saya sampai ikut deg-degan :D

  18. Dicky says:

    Cerita yang sangat menarik mas :).

  19. Agus Munawar says:

    Baru kali ini saya mau baca artikel panjang sampai habis. Useful banget… nambah ilmu buat Saya. Semoga mengalir terus pahalanya, amin.

    1. indam says:

      Terima kasih udah mampir. amin .

  20. rioAndrew says:

    inspiratif bgt mas..
    Saya juga lagi ada kendala masalah keuangan,
    Karena saya baru hengkang dari kerjaan saya sebagai designer graphic di sebuah EO. Saya hengkang karena jam kuliah saya berbenturan dengan jam kerja.
    Makanya saya lagi nyari2 jalan alternatif yang bisa membuat dollar mengalir ke saya. Ikut design logo, tapi belum ada hasil yg positif. Nulis tutor bisa jadi pilihan yang baik, kalau di approve.
    Thank you, Gan.

  21. Randeezt says:

    Curhat yang sangat bermanfaat. pengalaman adalah ilmu yang paling berharga…

  22. Nyoman CNd says:

    Saya salut banget sama anda mas,,,saya org kampung yang pingin tahu masalah internet dan web desain, sukses selalu mas :) salam kenal

  23. Indra m p says:

    Aslm mas indam sy msh newbie ni dlm dunia blogging, msh btuh pembelajaran :-), sy jg pengen ikutan tu jd writer buat blog luar, salut dah bwt mas ni.. Trus yg pengen sy tau ni mas klo kt mau bwt tulisan dari blog indo trus dtranslate ke bhs inggris , apa mungkn bisa lansung di submit oleh pihak luar tu mas? Mhn pencerahan nya mas , terima kasih

  24. indra munagam says:

    assalamualaikum mas indaam saya msh newbie ni dalam dunia blog, sya pengen nanya ni, gmana ya biar artikel kita cpat di submit ma pihak luar contoh di hongkiat, webdesignfan, dll? mhn petunjuknya mas, mhn di balas ke email saya aja mas

  25. ilyas says:

    mantab!!!…
    saya sangat senang sekali membaca tulisan abang yang satu ini. apalagi pas ketemu kata-kata:

    -“jarang menulis tidak akan membuat anda sukses”.
    keren sekali.

    -“mereka juga ngga tanya umur, sekolah, dan lususan mana, itu menggembirakan untuk yang tidak berpendidikan formal tinggi seperti saya”

    semoga banyak orang lain yang terdorong untuk lebih semagat lagi dalam menuntut ilmunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-