Hati-hati Kejahatan/Penipuan via Internet!

Hati-hati penipuan, berpikir logislah sebelum bertindak

no today

Hati-hati penipuan, berpikir logislah sebelum bertindak

Last Modif at August 9th, 2011

Dewasa ini dunia maya sudah hampir mirip dengan dunia nyata, banyak aktifitas offline yang juga bisa dilakukan di dunia maya, misal bertemu teman baru, bercakap, belanja dll.
Dari kondisi itu, secara tidak langsung prilaku dunia maya yang notabene diperankan oleh ‘manusia’ mengikuti apa yang ada di dunia nyata dan mau ngga mau hal-hal yang berbau negative pun juga ikut terbawa-bawah. Salah satunya adalah penipuan, banyak golongan-golongan yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan celah ini untuk melakukan kejahatan. Kasus yang saya ikuti baru-baru ini adalah penipuan yang kalau tidak salah ‘tentang investasi perumahan’, ada beberapa orang yang percaya sehingga mau menyerahkan uangnya untuk berinsvestasi di bidang yang ditawarkan si penipu tadi, dan kabar terakhir yang saya dapat, si pemodal yang berinvestasi tadi, kehilangan semua uangnya’.
Dari kisah diatas, semoga teman-teman bisa mengambil hikma serta lebih waspada dalam bertindak.
Pengalaman saya sendiri adalah suatu hari perna mendapat sebuah email, yang isinya berinti “hanya dengan bla…bla…bla… uang anda akan berlipat hingga milyaran rupiah”…
Wah “ketahuan banget” kalo mau nipu.
Dari itu mulailah belajar untuk positif, dan sebelum bertindak perhatikan dengan seksama dulu “itu bener ngga?”

Tips, sebenarnya simple ‘berusahalah berpikir logis’, untuk contoh diatas ‘kira-kira logis ngga kalau uang itu mengalir dengan sendirinya? Ngga kan!? ‘perlu usaha tau’

Trus, kalo dapat pesan/gambar/ atau apalah yang bersifat mengajak dengan keuntungan yang waw ‘jgn langsung di klik/baca/’ atau cuekin saja.

Dan yang paling penting adalah, jangan mudah percaya dengan apa yang dikatakan orang lain, cek dulu, siapa dia, lihat profilenya, no hpnya, pokoknya orang itu harus jelas, barulah bisa di percayai ‘kalau perlu ketemu langsung’, ya pada intinya ‘dia jelas’

Semoga tulisan ini sedikit bermanfaat, ada yg mau ditambahkan?

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

8 thoughts on “Hati-hati Kejahatan/Penipuan via Internet!”

  1. ibnu ismadi says:

    wajib ngecek umur blog na gan. biasa na saya mengecek informasi na di google. kalau ngga ada seorangpun yang setidaknya kecewa atas service na barulah saya mengecek umur blog na. jika ngga kita bakalan ketipu gan..

    OOT.
    mau tanya tentang tema sederhanaajah.
    size untuk gambar dalam setiap postingan brp ya? saya dari kemarin mencoba menggunakan beberapa size tp ngga muncul2 tu gambar. mohon bantuan na.

  2. ibnu ismadi says:

    kemarin saya komen di artikel ini kok ngga muncul ya?

  3. indam says:

    Ibnu Ismadi,
    Kalo boleh tau gambar untuk home atau single post?
    Kalo untuk home itu menggunakan harus di set ke img thumbnail dulu…

    1. ibnu ismadi says:

      untuk home. img thumbnail disebelah mana?
      oh ya untuk size image single post na brp juga?

  4. indam says:

    thumbnail default yang dihome itu ngga pake gambar, itu murni text yang ditata pake css3.
    Agar thumbnailnya tampil, pas buat post baru, harus upload image(perhatikan disidebar kanan).

    Oia, kalo boleh tahu pake sederhanajah versi berapa?

    1. ibnu ismadi says:

      ok deh makasih. pke versi 0.3 ….lain kali klo ane punya duit, ane kasi ente deh walau dikit..

      ukuran gambar yang direkomendasikan agan brp? ane pernah coba upload di localhost tapi gambar na ngga muncul..kira2 knp ya gan?

      1. indam says:

        Sory for the late reply, sebenernya theme itu udah rilis versi 0.4.4.

        seperetinya ada yang salah, coz saya tes bisa kok?

  5. ibnu ismadi says:

    ne contoh na gan xhttp://bahasaislam.com/newbiepun-bisa-menjadi-master.html dan ketika saya buka link xhttp://bahasaislam.com/page/2 gambar yang ada pada link xhttp://bahasaislam.com/newbiepun-bisa-menjadi-master.html ngga muncul..

    sorry dah ngerepotin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-