WordPress : Akhirnya Activate dua Plugins

Akhirnya saya menambah satu biji plugins lagi untuk indaam.net, apa plugins yang saya tambahkan *tanda tanya*

Jika anda berpikir tentang hari kemarin tanpa rasa penyesalan dan hari esok tanpa rasa takut, berarti anda sudah berada dijalan yang benar menuju sukses. Unknown

Akhirnya saya menambah satu biji plugins lagi untuk indaam.net, apa plugins yang saya tambahkan *tanda tanya*

Last Modif at July 8th, 2011

Sejak beberapa bulan lalu, saya hanya menggunakan 1 butir plugins yang selalu active, apa itu? AKISMET! yups, plugins bawaan wordpress yang dirancang oleh sang pelopor wordpress ‘matt mullenweg’ berserta konco-konconya ini selalu menemani indaam.net dari serangan robot spam yang setiap harinya makin ramai. Akismet ini Bisa dikatakan adalah prisai yang cukup amat kuat–‘kuat banget malah’? Coba bayangkan, Akismet ini selalu sendirian manghadapi ratusan spam yang ingin mengotori indaam.net, hihihi hebat kan akismet ini?
Ya walaupun ada yang lolos tapi cuma dikit…

Apa plugins yang baru saya install?

Broken link checker. Fungsinya apa? Simplenya plugins ini menelusuri konten blog kita lalu memeriksa semua link, setelah itu si Broken link checker akan ngecek–apakah link ini bisa dibuka atau ngga, nah kalo ngga bisa dibuka maka akan dicap sebagai broken link.
Dengan plugins ini pekerjaan kita jauh lebih dimudahkan, coba bayangkan jika sobat harus memeriksa semua link yang ada di postingan sobat? Pasti melelahkan bukan?

why install Broken link checker plugins?

Beberapa hari lalu pas jalan-jalan ke Google webmaster, saya terheran-heran melihat list url yang NOT FOUND, Owh no ‘merusak’. Karena alasan itulah, sayapun menginstall broken link checck ini, sesuai dengan yang saya tulis diatas, plugins ini berfungsi untuk mengecek url yang error/notfound/tidakditemukan. Jadi, link broken tadi bisa kita edit atau hapus.

Yang aku ngga suka dari Broken link checker

ketika kita mengactive-kan plugins ini, secara otomatis table database blog kita akan menjadi 15 , yups Broken link checker ini menambah 4 table baru, dan yang aku ngga suka ialah ketika kita menonactive-kan plugins ini, table-table yang dibuat tadi tetap ada, alias si Broken link checker tidak menghapus ke 4 table tadi, trus apa dong fungsi 4 table tadi? ngga ada kan?

Apa plugins yang saya install?

Perlu dipahami, Install dan Active itu beda. Kalo Intasll itu hanya sekedar memasang namun tidak dalam keadaan digunakan. Sedangkan kalo Active adalah sudah terinstall dan sedang digunakan.

Ada Beberapa plugins wordpress yang penggunaanya hanya jika dibutuhkan saja, salah satunya ialah wordpress importer, plugins ini berfungsi untuk mengimport–hasil backup kita yang dulu, jadi plugins ini hanya diactive-kan ketika dibutuhkan saja, kan aneh kalo wordpress importer ini diactive-kan trus-menerus, ia kan?

Dan ada juga plugins yang harus selalu active, salah satu contohnya akismet, bayangkan sendiri lah kalo akismet ini ngga active.

Plugins yang pernah saya activate

Selama memakai wordpress, ada beberapa plugins yang pernah saya activate lalu saya hapus dan ngga pake lagi, berikut diantaranya

  • DB Cache
  • wp super cache
  • google xml sitemap
  • all-in-seo-pack (indaam.co.cc)
  • FeedBurner FeedSmith

Dan ini adalah plugins yang saya install sekarang

  • Akismet
  • Broken-link-cheker
  • Optimize DB
  • WordPress Importer
  • WP-Cleanup

Dari kelima Plugins diatas, hanya Akismet dan Broken-link-cheker yang selalu di-active-kan, sedangkan sisa-nya lagi tidur :)

Kok yang diinstall sedikit?

Ada satu hal yang paling saya takutkan dari plugins ini, apa itu? Gimana kalo developer plugins tadi tiba-tiba vakum dari wordpress atau berpaling ke cms lain? Besar kemungkinan dia ngga akan ngembangin project-nya yang di wp-tadi, dan yang perlu sobat tahu, wordpress itu selalu ngupdate-corenya, nah untuk menyeimbangkan pluginspun harus selalu di upgrade sesuai dengan perkembangan wordpress itu sendiri. Ok gini, Coba pikirkan hal terburuknya, bayangkan jika salah satu atau beberapa plugins yang sobat install sekarang tidak bekerja di wordpress versi terbaru nanti? hayo? Mau ngotot pake wp versi lama?

Walaupun kemungkinanya kecil, tapi sobat harus tahu > plugins itu > manusia yang buat, dan sobat juga tahu kalo manusia itu seperti apa–lain hal kalo yang dikembangkan oleh komunitas ‘ya walaupun komunitas ini juga bisa bubar’.

coba bayangkan jika 5 tahun kemudian ‘tiba-tiba’ plugins yang sobat Activate sekarang ngga bisa dipake lagi? Contoh: gimana jika all in seo pack tidak bisa dipake lagi, trus misal postingan sobat sudah seribu, apakah sobat mau ngedit ke-seribu artikel tadi lalu isi meta keywords dan descriptionya? Itu hanya satu contoh kecil loh.

Oia, satu lagi. Misal sobat pecinta blogazine trus, menggunakan plugins untuk merancang blogazine sobat, trus lagi–jika pluginsya ngga bisa dipake lagi “apakah sobat mau ngedit keseluruh css artikel tadi?”

Well, saran dari nubi: Sebaiknya install plugins yang tidak ada efek sampingnya dikemudain hari.

Sekedar informasi > untuk menambahkan meta tag keywords, description atau custom css, custom js–itu bisa dipasang dengan menggunakan custom fiedl ajah… Jadi, buat apa pake plugins?

Just Opinion

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

4 thoughts on “WordPress : Akhirnya Activate dua Plugins”

  1. Gua ga pake plugin sama sekali..alias nol..hehehe.
    Adik gua pernah nulis cara buat blogazine di wp tanpa plugin..

    Komen sekarang gua pake universal kode disqua..and sekarang bersih alis ga ada plugin..buat blogazine ga musti pake plugin di wp, drupal, joomla, codeigniter, text-patern,

    kalu wp itu cuma hack di wp-includes.
    cache ga usah pake plugin,,importer juga ga usah pake plugin..hehehe.

    Ntar gua pingin tulis dah gua simpen di draft..
    Insha Allah

  2. indam says:

    Bang hendro,
    Broken link chackernya udah aku deactivate, jadi sisa akismet.

    Diskus itulah yang membuat aku ngga bisa kasih komentar diblognya, coba buka blognya pake hp–pasti ngga bisa dikomentarin.

    Blogazine di wp? sepertinya 2010 kemarin aku sudah bahas deh, saya malah ngga melakukan hacks apa-apa, wong tinggal sisipkan satu baris kode di header.

    kalo cahce, kurang paham aku. Tapi kalo importer, kan bisa langsung ke phpmyadmin

    Oia, satulagi sitemap juga ngga usah pake plugins http://www.indaam.net/sitemap/

    1. blogazine di wp pakai hack bro..kl mau ngomongin bisa di buka di hp tergantung hpnya…coba blog ini di IE..

      sisipkan kode di header maksud loe kondisi..hehehe
      Blogazine ga pake conditional tag bro…loe belum pernah mampir di blog ade gua ya? heheh

      importer juga bukan dari phpmyadmin tpi dari wp includes—query.

      kl yang loe bahas itu bukan bikin blogazine bro tapi bikin page.

  3. indam says:

    Blog ini emang bukan untuk ie, lainhal theme yang aku buat dibawah.
    Setidaknya blog ini masih bisa dikomentarin pake hp, ‘sekarang pun aku pake hp’. Sekarang aku peke nokia e63– ia emang sih hpku jelek, tapikan masih ada yg lebih jelek lagi… Nah–apakah kita ngga menerumah komentator dari pengguna HP?

    Untuk backup, lewat phpmyadmin lebih enak, coz tingkat kompressinya tinggi, beda dgn wp-yang berformat xml itu.

    Perasaan yang aku bahas–untuk setiap postingan deh, coba dimari http://www.indaam.net/2011/01/cara-membuat-tampilan-berbeda-di-setiap-postingan-wordpress/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-