Nokia E ‘series’ E63

Nokia E63 adalah salah satu ponsel bisnis 'E series' pabrikan Nokia yang mengadopsi symbian s60 v3 untuk OS-nya dan support Java MIDP 2.0.

If you don't like how things are, change it! You're not a tree. Jim Rohn

Nokia E63 adalah salah satu ponsel bisnis 'E series' pabrikan Nokia yang mengadopsi symbian s60 v3 untuk OS-nya dan support Java MIDP 2.0.

Last Modif at July 8th, 2011

Nokia E63 adalah salah satu ponsel bisnis ‘E series’ pabrikan Nokia sekaligus type ponsel yang saya gunakan sekarang. Ponsel Nokia E63 ini mengadopsi symbian s60 v3 untuk OS-nya dan support Java MIDP 2.0.

Akhir januari kemarin saya baru memakai handpone ini, karena handphone-ku yang kemarin Nokia 5300, sudah ngga mampu memenuhi kebutuhan mobile saya hahaha

Kenapa saya memilih Nokia E63?

Awalnya sih pengen E71, hanya saja ketika itu keuangan lagi ngga cukup, cukup sih tapi nunggu bulan depan, ahh ‘malas nunggu’. Yaudah jadilah saja mencicipi ponsel ini.

Alasan utama memilih Nokia E63?

Ini karena Nokia E63 menggukan symbian sebagai sistem operasi dan keypadnya ‘QWERTY’/hampir mirip dengan E71, untuk spesifikasi lengkap dapat dilihat di situs resmi nokia

Setting internet dan download aplikasi

Untuk setting internet/gprs silakan tanyakan ke operator yang sobat gunakan. Namun, jika gprs simcard sobat sudah aktif, internetanpun bisa langsung dimulai.

Satu yang saya suka dari Nokia E63 ini ialah, sudah terinstall ovi kios, kita hanya perlu nguprade untuk memakainya.

Tips Sebelum meggunakan ovi kios dan download aplikasi

Apa itu ovi kios? Ovi kios/store ovi ini adalah layanan terbaru dari nokia dimana store.ovi ini adalah layanan khusus yang menyediakan aplikasi, themes, game untuk ponsel nokia sobat. Sejatinya aplikasi ovi kios ini adalah layanan yang sama fungsinya dengan app word milik blackberry.

sebelum menggunakan ovi kios, ubah dulu pengaturan ‘pemasangan perangkat lunak dan pemeriksaan sertifikat online. Caranya masuk ke menu > pemasangan > manager aplikasi > pengaturan, pada pemasangan prangkat pilih > ‘semua’, sedangkan pada pemeriksaan sertifikat online pilih > tidak aktif.

Oai, sebelum menggunakan ovi kios sobat harus register atau buat akun dulu di ovi.com. Jadi, silalakan buat akun ovi sobat melalui komputer atau terserah, yang penting bisa buat akun. Nah, setelah akun ovi sobat sudah active/confirm/ barulah sobat bisa menggunakan aplikasi ovi kios ini.

Menu ovi kios

Sebelum menggunakan ovi kios ini, sobat akan di sodorkan form username dan pass, isi sesuai dengan yang dibuat di ovi.com tadi

Nantinya ada menu koleksi saya | rekomendasi | aplikasi | permainan. Jadi, silakan download aplikasi, theme, game yang sesuai dengan kebutuhan sobat, salah satu kelebihan store.ovi ini adalah aplikasi, permainan dan theme yang ada disana semua hampir aman digunakan dan kompitible dangan perangkat sobat, jadi tidak perlu risau untuk mendownload.

Aplikasi yang saya install

Sejauh ini saya baru nginstall, opera mobile 10.1, operamini 6, facebook chat, x-plore, kaspersky mobile security 9.0, nimbuzz, mozat, jewal*game*, snaptu ada juga operamini 4.3 yang saya download di operamini.com

Tambahan

Oia, di Nokia E63 ini juga sudah ada aplikasi chat yang sangat mantap menurut saya, tampilan aplikasi multy tab, jadi sobat hanya perlu geser ke kiri-kanan untuk login ke beberapa akun sekaligus diantarnya ym, gtalk, windows live mesagging dan ovi chat.
ada juga aplikasi email yang bisa sobat manfaatkan, hampir sama dgn aplikasi chat tadi, kita bisa login di beberapa akun sekaligus seperti gmail, yahoo mail, hotmail dan mail.ovi /* ada di buku panduan :) */

Ganti Handphone

hahaha, sebenarnya saya pengen banget mempunyai smartphone ber-OS Android, ini karena referensi yang saya dapat dari forum, news, maupun blog. sepertinya android ini keren abis? gimana dengan iOS, blackberry dan WP7? kurang nafsu aku, ini karena budgetnya yg agak high saya rasa hahaha

weel, sekian sharing kali ini, menurut saya Nokia E63 ini adalah ponsel yang sudah cukup untuk keperluan saya, sobat?

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

7 thoughts on “Nokia E ‘series’ E63”

  1. ganda says:

    Android juga mahal2 ponselnya. :D Saya tertarik dengan Android karena bisa coding lewat Android. Dan agak aneh juga kalau Developer Android gak punya ponsel Android. :D Hehehee..

    1. indam says:

      masih mending Android ketimbang iOS kan?
      wah, bisa ngoding Pake ponsel Andoid ya? asik banget dong. hahaha makin tertarik aja dgn adroid ini :)

      1. ganda says:

        Hehehe.. to be honest, saya juga developer untuk iOS, hanya saja belum saya buat aplikasinya. :D Hahahaha.. Sebenarnya gak hanya android saja yang bisa di pakai buat coding, Symbian pun bisa kok.

      2. Nurul Imam says:

        Jadi pingin punya android klo dah ada duit. hmm enak banget yah bisa koding di android

  2. bro eser says:

    Saya juga menggunakan nokia (N900) sebagai gadget yang menemani kebutuhan online sehari-hari.. tapi sayangnya ngga ditunjang dengan jaringan yang mumpuni… Jadi nyesel beli smartphone jika hanya digunakan buat sms dan telpon doang

  3. idjas says:

    gan’ kita sama sebagai pengguna e63.
    Aku sich pengennya tetep nokia n8 , n9, atau pokoknya nokia yg tipe symbian belle atau yg carla.

  4. babi 001 says:

    enakkan laptop android dripda hp android & s60.
    lebih puuuuaaaassss…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-