Just Opini: Perbedaan WordPress[dot]org dan Blogspot

Tulisan ini membahas tentang Perbedaan Wordpress[dot]org dan Blogspot

To sensible men, every day is a day of reckoning. John W. Gardner

Tulisan ini membahas tentang Perbedaan Wordpress[dot]org dan Blogspot

Last Modif at July 8th, 2011

April 2010 lalu saya sudah pernah membahas judul yang sama, hanya saja setelah saya baca ulang, sepertinya tulisan terdahulu itu sangat tidak relevan atau meliuk 180 deg dari fakta yang ada. Oleh karena itu saya membuat ulang tulisan ini, dengan tujuan semoga lebih relevan :)

Next,

Apa itu blogspot?

Blogspot atau Bloggerâ„¢ adalah layanan blog gratis yang dimiliki oleg Google(inc). Di blogger.com sobat dapat membuat blog gratis dimana url yang dihasilkan oleh pendaftaran tadi menjadi seperti ini misal: nama-sobat.blogspot.com atau contoh intheamwhy.blogspot.com.

Apa itu wordpress[dot]org?

Sebelumnya, wordpress[dot]com dan wordpress[org] itu sangat berbeda ‘menurut saya’ wordpress[dot]com hampir mirip dengan blogger[dot]com, sobat juga dapat membuat blog gratis disana. Trus apa itu wordpress[dot]org? sebenarnya masih banyak kerancuan untuk penggunaan nama wordpress itu, aneh saja jika namanya wordpress[dot]org. Namun sejatinya wordpress[dot]org adalah bisa dikatakan free cms(‘content management system’) “untuk lebih jelasnya tentang CMS ini silakan googling, namun sejatinya CMS ini adalah piranti yang ditulis menggunakan html, css, js, php dan juga di isi dengan file image. Sedangkan fungsi CMS wordpress ini ialah untuk mengeloh sebuah website atau blog. Yah, dengan adanya CMS ini kita lebih dimudahkan untuk mengelolah sebuah website atau blog, why? Yah, karena kita tinggal taruh scriptnya di hosting lalu masuk ke halaman admin, terus nulis dah, beres! Apakah mengelolah website itu harus pakai CMS? Tidak! sebenarnya kita bisa membuat website dengan script yang kita tulis sendiri, hanya saja kita harus paham minimal, html, css, atau lebih baik jika jago js, php dan sql. Trus, kenapa ngga buat CMS sendiri? mungkin masalah utamanya ada di waktu dan kurangnya minat untuk membuat CMS itu, banyak programer yang memakai wordpress untuk blog mereka, hanya secuil saja yang berani bikin engine sendiri. #aku_bukan_programer, #sepertinya_lari_dari_topik

Perbedaan umun wordpress[dot]org dan blogspot

karena wordpress[dot]org ini adalah CMS. Maka untuk menggunakanya, sobat harus punya domain[nama website] dan hosting[komputer yang terkoneksi dengan internet/disewakan]. Sedangkan blogspot, hosting dan domainya sudah disediakan, Jadi kita hanya perlu register di blogger.com untuk memilikinya.

Perbedaan dari segi keamanan/secure

blogspot jauh lebih aman, karena untuk membobolnya harus berhadapan langsung dengan Google(inc) cara satu-satunya adalah dapatkan pass admin atau sih pemilik blog. Sedangkan wordpress, kita harus pandai-pandai menjaganya, karena seluruh file dan content ini kitasobat sendiri yang megelolah. Dan banyak cara untuk melakukan penetrasi ke website wordpress kita. #tips, selalu update jika ada versi terbaru.

Perbedaan dari segi biaya

sebenarnya wordpress[dot]org dan blogspot ini sama-sama 100% gratis. Hanya saja, untuk menggunakan wordpress, kita harus punya domain dan hosting, otomastis perlu dana bukan? #hosting dan domain gratis sangat tidak direkomendasikan, kecuali mau buang-buang waktu. Khusus blogspot, kita juga perlu dana jika ingin meng-Custom domain, alias mengubah domain blogspot kita #tidak_harus. yah, dengan blogspot, sobat juga bisa membuat website dengan top level domain, misal nama-sobat.com, nama-sobat.org, nama-sobat.net dll. Enaknya hosting kita masih ditanggung oleh blogspot/blogger(inc) atau dengan kata lain, domainya saja yang bayar.

Perbedaan dari segi script dan source

karena wordpress adalah open source CMS alias dikembangkan bersama ‘bukan individu, maka otomastis script dan sourcenya juga dibahas secara detail di situs resmi wordpress.org. Inilah enaknya wordpress, kita/soat/saya/developer/desaigner dimudahkan untuk memperlajarinya. berbeda jauh dengan blogspot yang pengembanganya tetutup atau hanya dikembangkan olah pihak blogspot saja. Jadi, untuk proses pembelajaranya lebih sulit karena selain alasan tadi, scipt language yang digunakan juga ngga jelas, ngga ada refensi jelas tentang source blogspot ini. Inilah salah satu kerumitan dan keunikan blogspot, kita lebih tertantang untuk berinovasi, ya walaupun sedikit menguras waktu. tapi, asik juga jika ada hasilnya :)

perbedaan dari kenyamanan ketika dibuka pakai handphone

khusus halaman dashboard dan nulis artikel, blogspot jauh lebih nyaman untuk dikelolah, sedangkan untuk view blog, blogspot sedikit lebih berat. Sebenarnya sih, tergantung si empuh blog.

Tanggapan sebagian blogger

Banyak perdebatan antara wordpress dan blogapot dikalangan pengelolah blog, ada yang mengatakan blogspot the best, ada juga yang mengatakan wordpress the best. Saya sendiri mangatakan ini tergantung selerah dan kebutuhan saja, tentu saja kebutuhan penulis iseng dan pebisnis berbeda, ia kan? Buat apa pakai wordpress[dot]org kalau jarang di update dan nantinya berisi curhatan saja? begitu sebaliknya, sekali lagi tergantung tujuan.

yah, tulisan ini hanya opini pribadi saya saja, tidak ada referensi resmi di dalamnya, ini hanya pengalaman dan pendapat yang dituangkan dalam bentuk tulisan. punya pendapat lain?

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

16 thoughts on “Just Opini: Perbedaan WordPress[dot]org dan Blogspot”

  1. Rizkyzone says:

    segala sesuatu pastinya punya kelebihan dan kekurangannya, orang mungkin bilang lebih enak menggunakan WP sedangkan saya masih lebih enak menggunkan blogspot, dan kalau ini di perdebatkan g akan ada titik temunya, apapun dan bagaimanapun perbedaannya kita meski beda mesin kita tetap satu keluaga

  2. iskandaria says:

    Coding penyusun struktur template blogspot agak aneh dan rumit menurut saya. Tapi tetep asyik untuk dioprek-oprek. Itu sudah saya lewati selama menggunakan blogspot. Sejak pakai WP self hosting, saya udah jarang banget utak-atik blogspot.

    Yach, intinya saya setuju dengan penjelasan di atas. Kalau mau pakai hosting dan domain sendiri berbasis WordPress, sebaiknya harus diurus secara serius. Bukan untuk main-main arau iseng. Sayang kan biaya yang telah dikeluarkan? Blog ini juga harus lebih sering lagi diupdate :)

  3. ganda says:

    Yang pantas di bandingkan itu adalah WordPress.com nya si Matt dan Blogspot.com nya si Google. Bukan versi yang di unduh.

    1. ardianzzz says:

      Saat WordCampId kemarin, Kareem Ossman menjelaskan bahwa layanan WorPress adalah “WordPress.com”. Dengan huruw “W” dan “P” kapital dan [dot]com di belakangnya.

      WordPress.org itu adalah domain tempat source WordPress dihosting.

      OOT, kalau punya duit, saya pilih menjadi VIP user di WordPress.com daripada hosting sendiri :D

  4. alid abdul says:

    loh harusnya dibandingkan wordpress[.]com bukan yang wordpress[.]org dong…
    klo masalah security [.]com juga kuatlah, klo mw bobol ya harus berhadapan dengan WP.inc hehehe…
    klo gue pribadi lebih suka wordpress

  5. MaRLiF says:

    kalau menurutku juga enak pakai blogspot kalau iseng2 aja. tapi enak pakai wp.org kalau buat monetisasi. ya lebih baik punya keduanya saja biar aman. tapi kalau wp.org kita harus ngurusi hosting terutama bandwith nya.

  6. Realodix says:

    Hal pertama yang ingin saya katakan adalah, Saya suka dengan tampilan homepage Anda. Desainnya unik :D
    Kalau gampangnya sih di blogspot kita tak perlu memikirkan ini itu, tgl pakai saja..
    Klau WordPress.org kita di kasih softwarenya dan kita urusin sndri. Enaknya sih kita bisa melakukan hal sesuka kita.. hehe

  7. Padly says:

    Enakan Tumblr :D

  8. sy bukan ke2-2nya. :D
    tp alasan milih WP [DOT] COM daripda BP.com dulu karena di BP, sy merasa harus lebih otak atik tampilan smntara di WP tdk. karena relatif singkat dan mudah. menurut sy sih.
    lebih dari itu, di WP ada semacam pemeringkatan. DUlu awalnya bagus2 di botd nya. dan alasan lainnya, sy tdk terlalu tertarik berburu adsense dimana org saat itu milih BP krn alasan adsense nya. :-s

  9. Mawardi says:

    saya pakai WP lebih asyik

  10. hachi says:

    wp.org vs blogspot, jelas menang wp.org, saya juga pake tapi di lokal host udh ga pernah dioprek2.

    ini perbandingan gak adil, hostingnya aja udah kelebihan tersendiri fitur jelas banyak, belom lg fitur softwarenya di wp.org.
    kalau mau wp.com lawan blogger.com baru seimbang, kalah wp…soal custom

    soal engine:
    kalo mau ruwet2an soal engine, fungsi dll kenapa gak drupal aja lawan wp.org

    soal desain:
    kalao soal desain saya megang web statis, soal custom dll (hanya desain bukan) engine html statis mana maen engine2an

    1. indam says:

      maaf, fast reader ya mas?

  11. wawan says:

    Sy bukan orang komputer, yang mau belajar. Sama-sama kelurga anti goblog he..he.. Saya pake WP.com biar ngga ribet …. benar mas. SY kalo blogspot selain coding, html dan ….ahhha.. mampirlah ke http://zhartawan.wordpress.com. Sekarang sy mau bikin blogspot di http://z-hartawan.blogspot.com.

  12. Anak Petani says:

    kalo dari sisi seo bagaimana bos? apakah memiliki yg berbeda ya? :D

  13. amirul says:

    saya ikut nimbrung deh, soal engine saya masih nol besar, tapi saya setuju pada pendapat : tergantung pada kepentingan, tujuan dan kemampuan berkreatifitas. Bukan tidak mungkin, bagi yg satu ribet tapi bagi yang lain enak atau sebaliknya. saya diblogspot masih tarap belajar, dan di wp juga ingin belajar.

  14. duber says:

    kalo ditanya lebih bagus mana, kalo saya masih bingung menentukannya, antara blog dengan wordpress. thanks infonya.

    Anti Rayap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-