Bagaimana cara buat WebSite(Situs) dan berapa biayanya?

bagaimana cara buat website/situs dan berapa biayanya? untuk membuat website/situs/blog yang paling pertama sobat lakukan adalah

Tidak ada masa depan yang gemilang bagi mereka yang telah kehilangan pengharapan dan imannya. Samuel Rutherford

bagaimana cara buat website/situs dan berapa biayanya? untuk membuat website/situs/blog yang paling pertama sobat lakukan adalah

Last Modif at July 8th, 2011

Dulu, ketika pertama kali kenal internet, saya hanya membuka friendster dan google(just view image ^^). saya sempat bertanya(in my heart) gimana ya cara buat situs seperti itu(friendster dan google), biayanya berapa ya? saya ingat ketika itu saya ingin membuat situs dangan nama www.indam.com(bukan punyaku). lama berselang, ketika mampir di toko buku, ketika itu saya membeli buku tentang friendster, setelahnya ‘saya banyak membaca buku tentang internet.

next time “buat website gratis”

saya mulai kenal blog, blog pertama saya adalah http://intheamwhy.blogspot.com “blog itu juga adalah website”.
dan jika anda ingin buat blog/website gratis silakan kunjugi situs ini, lalu daftar.

http://blogger.com

http://wordpress.com

dll

trus, gimana cara membuat situs dengan nama sendiri?

untuk membuat situs atau blog dengan nama sendiri misal www.indaam.net. yang paling pertama anda lakukan adalah cari tahu dulu info tentang website itu.
lebih jauh, anda harus menyiapkan uang. unganya untuk apa? register domain, yah ‘register domain’ domain top itu ngga ada yang gratis ‘otomatis perlu uang kan?’ ia dong.
(bisa sih dapat gratis, cara dapatnya biasa ada kontest ‘dari kontest itu silakan daftar’ dan berdoa agar menang)

tempat register domain?

domain itu adalah nama website yang anda ingin register/punyai, misal nama-kamu.com, nama-kamu.org, nama-kamu.net. register dan daftarnya dimana?
banyak situs-situs yang menyediakan jasa register domain. salah satunya adalah www.pandi.co.id ‘untuk register domain di pandi.co.id anda harus menyediakan print KTP dan “apa lagi ya?” aku lupa. itupun hanya ekstensi web.id yang bisa anda miliki. sisanya misal co.id, anda harus memiliki ijin usaha atau PT.

wel, sabagai alternetive, sobat bisa register domain di idwebhost.com. syaratnya ngga ribet kok, nantinya sobat hanya perlu transfer uang ke rekening idwebhost itu.

Berapa harga domainya?

harga sebuah domain tergantung dari keunikan domain itu sendiri dan domain yang sudah di daftarkan ‘tidak bisa di register ulang’. jadi sabar ya, jika anda ingin memiliki google.com hahahahaha, kebanyakan basa-basi, harga domain itu sekitar IDR 80.000(delapan puluh ribu) sampai milyaran kali ya?

sekedar info harga sex.com = 17 milyar

adakah domain gratis?

yah ada, tapi not recoment? why? alasanya simple ‘nantinya jika anda sudah memiliki top level domain, domain gratis ini ‘mungkin tidak akan diurus lagi’. jadi, rugi kan ‘terkesan buang waktu’. register dimana? silakan mampir ke co.cc dll

contoh domain gratis www.indaam.co.cc dan www.indaam.name

sewa hosting

jika anda sudah memiliki domain, next step “sobat harus menyewa hosting”. apa itu hosting? sejatinya hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file dan document website anda.
tempat sewanya dimana? sama seperti register domain, ada banyak website yang menyediakan jasa webhost hosting. yang populer adalah bluehost. adalah alternatif lain? yah, sekali lagi silakan ke idwebhost. nantinya sobat bisa sewa hosting disitu.

adakah hosting gratis?

yah ada, namun sekali lagi ‘not recoment’. banyak pengalaman buruk ketika saya menggunakan hosting gratis, salah satunya sulit diakses(loadingnya lama), kadang ngga bisa dibuka. kadang muncul ads(iklan) ngga jelas. dan yang paling buruk(mungkin) bisa saja, file-file yang anda simpan di hosting gratis itu ‘di hapus tanpa pemberitahuan’.

oai ada satu lagi, blogger.com bisa dijadikan hosting gratis, hanya saja. website yang anda kelola, mirip dengan blogspot ‘url-nya saja yang beda’.

tahap trakhir

jika anda sudah memilik domain dan hosting, langkah selanjutnya ialah setting name server dan addons domain(silakan kunjungi kembali tempat anda register domain dan sewa hosting kemudian tanya kepada adminya), fungsi setting nameserver dan add domain ialah agar domain dan hosting ini saling terkoneksi.

pemilihan cms

jika domain dan hosting sudah saling terkoneksi, next step. sobat harus memilih ‘cms apa yang sobat akan gunakan’. cms itu memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda-beda sebaiknya pilih cms yang sesuai dengan tujuan anda membuat website. cms yang populer antara lain joomla, drupal, wordpress, dan lain-lain. anda juga bisa membuat web statis, yang berisi file gambar, html, css dan javascript dangan catatan anda harus mahir web languange. Dan jika anda sudah lebih mahir “anda dapat membuat cms sendiri dengan kemampun lebih dinamis.

pemilihan theme

themes ini berfungsi untuk menentukan gaya dan bentuk websita anda, themes ini banyak yang gratis dan ada pula yang berbayar. umunya themes yang gratis itu banyak yang samain, ibarat baju ‘ada yang samain’. lain hal ‘jika sobat memesan themes berbayar, ‘nantinya sobat bisa ‘memesan themes yang sesuai dengan keiginan sobat’. uniknya, jika sobat mahir desain grafis dan web languange, sobat bisa membuat themes untuk website sendiri.

adakah jasa pembuat website?

jika anda ngga memiliki waktu ditambah minimnya kemampuan untuk membuat website dan merancang themes, sobat bisa menyewa jasa kepada sang ahli.
dan biayanya tergantung kerumitan web itu sendiri serta negoisasi tentunya :)

#BemogaBermanfaat
#perludirapikan

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

25 thoughts on “Bagaimana cara buat WebSite(Situs) dan berapa biayanya?”

  1. dHaNy says:

    Ternyata memang para narablog senior hampir semuanya melewati proses ngeblog di gratisan dulu, baru setelah serius memutuskan untuk membuat domain dan self host.
    Tampilan blognya makin menarik saja nih mas Indam. Kalau masalah pembuat web mas Indam ini perlu diperhitungkan juga kemampuannya

    1. tomi says:

      jelas lah mas.. masa ngeblog langsung yg di berbayar.. ntr rugi.. dah beli domain n hosting tp hilang semangat dan tidak diupdate lagi.. :D

  2. Sebuah Tips says:

    Untuk yg baru NgBlog disaran coba NgBlog dulu di Blogger.com atau wordpress.com baru deh ke self hosting :)

    1. eser says:

      Kalau saya beli domain langsung sekalian dengan hosting biar ngga ribet bro

      1. khairon says:

        askum bos saya boleh ikutan,,,,gan cba buka web ni,,,garatis buat web dan domain serta hostingnya

  3. Arif R. says:

    from zero to hero… keren mas blognya,,, :D

  4. Manado Site says:

    makasih infonya mas….:)

  5. Botzzz says:

    Pingin pUNYA dOMAIN SENDIRI tapi saya gak punya duit hehhhee….nice info mas kapan-kapan saya coba ahh.:)

  6. IrfanPlay says:

    keren mas blognya :o
    saluuuuttt :D

  7. Catatan Bumi says:

    Penginnya pake Blue Host..tapi gak ada uang…
    Pake yg murah,,,cepet habis bandwithnya..

    Bhew,,gan indaam,ngomong2 ini saya juga lg bermasalah sama host..mau pindah ke yg gratisan,,eh ya Byethost menjanjikan ndak ya?

  8. Laston says:

    makasih infonya ya kawan…

  9. Darin says:

    Saya juga tau blog dari blogspot, dan sekarang nyoba WP dengan hosting. Tenyata ada kepuasan sendiri di situ :)
    Yah, ini memang semua hak pribadi tiap blogger. Dan gambaran artikel di atas bisa melukiskan tahapan2 itu. Great! :D

  10. aldy says:

    Ada yang menarik, domain indaam.name gratis? saya punya bayar bro.

  11. wah mantap banget.. maskasih kang..

    terus bagaimana kalo kita sudah dapat adsense. cara mencairkan uangnya gmn?

    1. indam says:

      saya belum terjun ka ansense :)

  12. dhany soepianie says:

    butuh bantuanya membuat website sendiri nih,,mohon bantuanya…

    1. indam says:

      Bantuan seperti apa yang anda inginkan?

  13. memang semua berawal dari coba” yg gratisan, saya juga githu pertama kali kenal internet, coba” ngeblok,,,trus bikin web dan ahkirnya bisnis webdesign.

  14. jack says:

    sekolah saya mau dibuatkan website biayanya 8 jutaan, masuk diakal nggak mas….

    1. indam says:

      Masuk akal kalo developernya profesional; Bisa lebih malah.

  15. Nina says:

    Mas mau tanya . Mas inii buat web nya keba brp ?

  16. rinto says:

    klo dari segi keuntungan ada gak bedanya sama yg blogspot,
    trus apa bedanya sama pay per click (blog berbayar), soalnya saya mau buat blog berbayar.
    tolonglah infonya.

  17. rinto says:

    klo pake register domain apa keuntungan nya dibandingkan dengan blogspot?
    trus bisa gak menghasilkan uang, dan bagaimana lagi dengan yang pay per klik, soalnya saya mau buat blog yg ppc.
    tolong dibuntu..

  18. danang says:

    ask dimana bisa beli domain dan hosting yang murah dan rokemendet..
    mohon bantuannya.
    ??

  19. danang says:

    ask
    dimana tempat beli domain dan hosting yang rokemendet..
    mohon bantuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-