Download Opera Mini 4.2 serta Tips and Tricknya

opera mini adalah mobile browser besutan opera software. browser mobile berbasis java ini merupakan browser terpopuler di dunia, berikut sekilas tentang opera mini

On the bathing-tub of King T'ang the following words were engraved: If you would one day renovate yourself, do so from day to day. Yea, let there be daily renovation. Confucian Analects

opera mini adalah mobile browser besutan opera software. browser mobile berbasis java ini merupakan browser terpopuler di dunia, berikut sekilas tentang opera mini

Last Modif at July 8th, 2011

beberapa hari ini saya ngga sempat ngupdate blog, jika anda bertanya kenapa? maka saya akan menjawab “lagi sibuk dunia offline”. kemarin sempat mau ngupdate ‘tapi karena hosting’ indaam.net lagi sedikit ada masalah’ yaudah ngga jadi ngupdate #hubunganyaapa?. saya juga belum sempat walking ke beberapa blog sahabat saya, mungkin sudah banyak percakapan yang perlu di reply ‘hahahahaha jangan sok napa’.

oia, sebelumnya ‘saya turut berbela sungkawa atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di sana. saya hanya bisa mendoakan semoga itu cepat berlalu dan ketabahan diberikan kepada yang menerimanya. semoga Tuhan mendengar doa kita amin.

berikut tulisan seputar opera mini.

opera mini adalah mobile browser besutan opera software, sekarang(november 2010) versi 5.1 sudah bisa di unduh di situs resmi opera.

walaupun versi 5.1 sudah di rilis. akan tetapi, saya lebih suka menggunakan versi 4.2, why? versi 4.2 ini lebih friendly di handphone saya serta ada beberapa fitur yang tidak ada lagi di opera mini 5.1, fitur apa itu? salah satunya adalah search engine. yah, search engine. pada versi 4.2, kita dapat menambah banyak search engine, sedangkan pada versi 5.1, hanya ada satu search engine #hahaha search engine kok dipermasalahkan?.

opera mini ini tersedia di berbagai macam mobile OS, seperti symbian, android, windows mobile, iOS, apa lagi ya blackberry mungkin? menurut info yang saya dapat, opera mini ini adalah software mobil berbasis java(bukan javascript). jadi, semua gadget yang mendukung java ‘dapat menjalankan opera mini ini. asiknya ‘jika anda programer java ‘mungkin bisa membongkar opera mini ini’ #asik.

kelebihan dan tentang opera mini

menurut info yang saya dapat lagi, opera mini ini adalah mobile browser paling populer, pengunanya puluhan juta wowh! kenapa browser ini begitu populer? browser ini sangat mudah digunakan, sangat cepat, simple dan yang paling terpenting adalah ‘halaman yang kita buka sudah di kompress oleh opera, inilah yang membuat opera mini sangat cepat. kira-kira gambaran ‘kompressnya seperti ini’, misal kita membuka indaam.net, sebelum source file indaam.net dikirim ke client(opera mini), pihak opera terlebih dahulu mengompress source file indaam.net ‘setelah itu, barulah dikirim ke client dalam format obml, dan buka html lagi. rincianya adalah ketika kita membuka halaman website, ‘tidak langung ke url website yang bersangkutan, melainkan ke server opera dulu “setelah itu” pihak operalah yang melakukan request ke website yang kita request tadi, kemudian di kelolah(kompress) oleh pihak opera, lalu dikirim deh ke peramban opera mini kita. jadi pada intinya ‘jika kita surfing menggunakan opera mini ‘kita tidak pernah secara langsung berhubungan langsung dengan server yang kita request itu! atau dengan kata lain, kita hanya berhubungan dengan server opera. inilah sebab “mengapa” semua website(termaksud yang di block) bisa di buka dengan opera mini. isp kita kan requestnya ke servernya opera. jadi, jika ingin mengakses site underground silakan pakai opera mini :)

sekedar tambahan, situs-situs yang server-nya di indonesia “waktu loadnya lebih lama, ketimabang situs-situs yang menggunakan server luar negri. why? server opera dimana?

oia, satu lagi, jika kita menggunakan opera mini ip(internet protocol) kita adalah ip dari pihak opera.

Download opera mini

untuk downloadya, silakan kunjungi ke situs resmi opera yang berlamat di

Apa kelebihan opera mini 5.1?

sebenarnya opera mini 5.1 ini sangat powerfull, berikut sedikit kemampuan opera mini 5.1

  • lebih cepat dan stabil
  • bisa melakukan salin-tempel(copy-paste)
  • bisa membuka banyak tab
  • proses downloads sangat mudah
  • save password

sebenarnya masih ada yang lain, tapi karena saya jarang menggunakan “yaudah segitu aja :)’

opera mini 4.2 dan segala sesuatunya

berikut adalah sesuatu tentang opera mini yang saya ketahui, lainya silakan tambahkan di kolom kometar

speed dial untuk halaman awal opera mini 4.2

  • # + 1 fungsinya untuk memasukan alamat(enter address)
  • # + 2 untuk membuaka halaman yang sudah kita bookmark
  • # + 3 keatas, kebawah
  • # +4 membuka halaman awal
  • # + 5 membuka riwayat, maksudnya ialah membuka list situs yang telah kita kunjungi
  • # + 6 tidak berfungsi di halaman awal( ini berfungsi untuk melihat info halaman dan mendownload gambar yang ada di halaman tersebut)
  • # + 7 tidak berfungsi di halaman awal( berfungsi untuk menambah bookmark)
  • # + 8 setting atau pengaturan(rincianya di bawah)
  • # + 9 membuka searh engine
  • # + 0 tidak berfungsi di halaman awal (fungsinya untuk mereload atau refresh)
  • # + # maju
  • # + * tidak berfungsi di halaman awal(berfungi untuk mencari “text” pada halaman yang kita buka, pada browser dekstop sama denagn CTRL + F atau find)

pengaturan opera mini 4.2

klik menu //-> alat //-> pengaturan atau speed dialnya (klik # lalu 8)

  • muat gambar fungsinya(bila di contreng) akan membuka gambar di setiap website yang kita buka, jadi jika ingin akses yang lebih capat “ya, ngga usah di centang”
  • kualitas gambar(ini berlaku jika kita mengaktifkan gambar) pilihanya ada rendah, sedang dan tinggi. untuk menghemat pilih renda saja.
  • tampilan ponsel(bila di contreng) berfungsi untuk menyesuaikan situs yang kita buka dengan tampilan ponsel
  • ubah klit, berfungsi untuk mengganti skin bawaan dari opera
  • sisanya sudah jelas

umpan/feed opera mini 4.2

fungsi umpan(feed) pada halaman awal. yah, sama seperti browser dekstop. silakan berlangganan untuk menggunakan fitur ini, caranya? anggap sebagai contoh, misal sedang mambuka indaam.net perhatikan di kiri atas, disitu ada icon feed/atom, silakan klik lalu berlangganan kemudian coba klik umpan yang ada di halaman awal, nah disitu ada list feed yang sebelumnya sudah berlangganan. fungsinya apa? hemat!

menambahkan mesin pencari baru opera mini 4.2

ini yang saya paling suka dari opera mini 4.2, sayangnya sudah tidak ada pada opera mini 5.1, pada dasarnya sudah terdapat beberapa list searc ex, google, yahoo, wikipedia dll. tahukah anda? kita dapat memambah beberapa search engine lagi, caranay? anggap sebagai contoh coba klik ini http://www.indaam.net/?s=html setalah itu, klik inputan text, selanjutnya klik pilihan lalu BUAT PENCRIAN… jangan lupa sava. untuk menggunakanya, tekan (# + 9) atau klik tepat dibawah address bar, sekarang coba perhatikan di bagian bawah, adalakan mesin pencari baru. kita juga bisa menambah beberapa search engine lagi, uniknya ialah, kita juga dapat menambahkan google translate. jadi, jika ingin mentranslate ‘ya tinggal buka search engine yang baru di add tadi’ #asikkan?

simpan halaman(save page) opera mini 4.2

caranya cukup mudah, silakan buka site yang mau di ‘save’ lalu klik menu, kemudian klik simpan halaman, setelah itu pilih memory tempat penyimpanan lalu ok, ekstensi filenya adalah [dot]obml.

bookmark opera mini 4.2

silakan buka situs yang ingin di bookmark, lalu klik (# + 7) simpan, atau klik menu kemudian pilih tambah penanda.

sinkron opera mini 4.2

opera mini ini, memiliki fasilitas sinkron, fungsinya ialah menyimpan hasil jelajah kita, manfaatnya? kita bisa membuka hasil jelajah kita lagi pada opera dekstop. untuk menggunakan fasilitas ini, sobat wajib membuat akun dulu di opera.com, setelah itu klik sinkron(paling bawah) pada opera mini. masukan username dan password lalu login. kekuranganya? pulsa cepat habis!

sekian dulu sharing seputar opera mini. mungkin ada pemahaman yang penyampaianya salah, silakan perbaiki melalui form komentar.

NB*

tulisan ini perlu dirapikan

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

11 thoughts on “Download Opera Mini 4.2 serta Tips and Tricknya”

  1. aldy says:

    Mungkin tidak ada yang percaya, aku sangat jarang menggunakan perangkat kecil untuk browsing. Bukannya mau sombong, tapi mataku sudah tidak awas lagi berhadapan dengan perangkat kecil dan pastinya hurufnya juga kecil-kecil.

  2. indam says:

    hehehe, ia bro ‘textnya emang kecil-kecil’. tapi kelebihanya bisa dibawah kemana-mana :)

  3. agung says:

    Peramban Opera Mini di ponsel SE M600i saya sudah saya update ke versi 5.1–Suka multi tab-nya saja. :D

    Pak Aldy,
    bisa pasang emulator Opera Mini di desktop juga kok pak. Ukuran jendela dan font juga bisa disetel sesuai selera. Tapi ya itu, tidak seringan ponsel.:D

  4. indam says:

    Agung,
    ia sih, operamini 5.1 lebih keren. Sayangnya kurang pas dgn handphone saya.

  5. aldy says:

    Tempalte full CSS3? agak dikit lelet dibandingkan sebelumnya.
    Selain itu, kontras warna terlalu tinggi… IMO

    1. indam says:

      aldy,
      ia bro, ini full css3, makanya lelet bgt. btw, browser yang digunakan apa ya?

  6. udienroy says:

    Wew? Opera Mini 4.2 memang sip, tapi saya merasa lebih sip pakai yang 5.0 eh Opera Mini 5.0 atau 5.1 malah gampang kok buat nambah Search Engine, kalau tidak percaya coba saja. Letakkan kursor ke kotak mesin pencari, tapi jangan di klik, nah lalu tekan tombol 1 Cilub Baa!

  7. Abdul Hakim says:

    saya sekarang pake opmin modifikasi mas, lebih nyaman daripada pakai operamini 5, selain itu kan opmin 4 modif bisa buka banyak tab

    OOT: themesnya keren, tapi fontnya terlalu kecil

    1. indam says:

      wah keren tuh opmin modif…
      thanks masukanya :)

  8. Ryan says:

    Dimana saya bisa download operamini 4.2 yang ada multi windownya?

    1. indam says:

      Coba googling lagin gan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-