Indam Site memiliki Dua Themes untuk Single Post

kita hanya perlu menulis nama user agent-nya, misal (Opera, firefox, Opera mini, Safari, Internet Exploler) maka secara otomatis akan redirect ke file(script) yang sudah kita buat

It is every man's obligation to put back into the world at least the equivalent of what he takes out of it. Albert Einstein

kita hanya perlu menulis nama user agent-nya, misal (Opera, firefox, Opera mini, Safari, Internet Exploler) maka secara otomatis akan redirect ke file(script) yang sudah kita buat

Last Modif at July 8th, 2011

beberapa minggu lalu sempat jalan-jalan ke blognya iskandaria(kafegue.com) disitu membahas tentang tampilan halaman depan sebuah blog, ngga tahu kenapa lama-kelamaan ngebahas tentang tampilan blog untuk prangkat bergerak. disitu saya berpikir, sudah saatnya kita merombak blog agar friendly dengan prangkat bergerak. beberapa waktu kemudaian ganda manurung(gandamanurung.com) memberikan link referance untuk me-redirect user agent mobile ke themes yang sudah kita rancang khusus untuk perangkat bergerak. sayapun pelajarin script php-nya, jujur, saya ngga ngerti. sebagai alternatif, sayapun googling untuk mencari script yang lebih ringan, beberapa menit googling ‘akhirnya ketemu di blognya rosihanari.net’. disitu dijelaskan cara kerja scriptnya. tanpa membuang waktu, sayapun mencobanya pada theme saya.

sampai disini saya bingung, gimana cara testnya? fungsi scriptnya kan me-redirect user agent prangkat bergerak(contoh Opera mini) ke file(themes) yang sudah saya buat. nah, otomatis kan harus ada koneksi internet, mobile browser dan hosting yang support php. masalahnya ialah koneksi internet saya ngga memadai, trus kalau ngoding langsung di hosting ‘saya rasa cukup rumit’. coba bayangkan ketika sobat membuat, ngedit file kemudian untuk melihat hasil koding harus melalui ponsel, wew ‘buang-buang waktu banget’.

karena penasaran dengan scriptnya, sayapun mencobanya di localhost, localhost? script yang saya dapat di rosihanari.net emang keren banget, cara kerja scripnya seperti ini; kita hanya perlu menulis nama user agent-nya, misal (Opera, firefox, Opera mini, Safari, Internet Exploler) maka secara otomatis akan redirect ke file(script) yang sudah kita buat.

hasilnya, saya membuat style css, khusus untuk opera dan chrome. jadinya ialah “coba buka dua browser untuk membuka single post blog ini” buka dengan firefox, dan opera, atau safari dan opera.

bedakan tampilanya, rincianya

  • pada firifox, safari dan IE(serta beberapa browser) tampilanya sama dengan themes lama
  • sedangkan pada opera dan chrome, tampilanya lebih gelap dan mungkin sedikit lebih ringan.

jadi, single post blog miskin ini, memiliki tampilan berbeda untuk dua browser yaitu chrome dan Opera

masalahnya dan mohon bantuan

saya memikirkan dua hal, yang pertama seo dan yang kedua adalah bug.

masalah seo

kita semua tahu, search engine itu membaca source page blog kita. nah, masalahnya ialah bayangkan jika 1(satu) url memiliki source yang berbeda!? yah, kan pada opera dan chrome tampilanya beda, otomatis sourcenya juga beda. ya walaupun bedanya hanya di css dan pengurangan source. tapikan tetap saja beda. saya sudah menambahkan ini pada themes saya

<div class='noindex'>
<div class='googlebot noindex'>

fungsinya ialah, agar source yang berada di class=’noindex’ tidak terbaca oleh search engine. rumitnya, menurut info yang saya dapat googebot tidak mendukung ini. dan takutnya, blog saya dianggap duplikat, kan bisa berabe tuh. kenapa berabe? yah, karena, saya hanya memanfaatkan search engine untuk menemukan blog saya. bisa dibayangka dong kalau visitor dari search engine sangat minim, yang ada blog saya ini tanpa makna.

masalah bug

saya berpendapat sesuatu yang belum dicoba oleh banyak orang itu sama dengan rentan. mohon yang mengetahui hal ini dapat membantu saya, thanks.

aneh tapi asik

wordpress, mungkin adalah cms blog paling sempurnya, setuju? yah, dengan woprdpress kita bisa membuat tampilan berbeda di setiap page, setiap postingan. dan yang paling unik adalah dengan penambahan beberapa line script php, kita bisa membuat tampilan berbeda di setiap browser, atau apakah?

  • bisa membuat tampilan berbeda di setiap ip
  • bisa membuat tampilan berbeda di setiap os
  • bisa membuat tampilan berbeda di setiap negara
  • bisa membuat tampilan berbeda di setiap lainya
  • hohoho, saya bukan programer, jadi saya ngga tahu. bisa ngga ya?

saya rasa untuk membuat semua itu, waktu akan terbunag percuma.

oklah, mungkin ada yang aneh dengan tulisan saya ini, jadi maaf jika ada yang ngga dipahami, maaf juga jika ada salah kata, maaf lagi jika agak rancu dan mohon bantuanya untuk percobaan ini.

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

18 thoughts on “Indam Site memiliki Dua Themes untuk Single Post”

  1. aldy~PF says:

    Indam,
    kalau sudah bicara PHP, CSS dan programmer language saya hanya bisa bengong. Cocoknya memang meminta pendapat PHP Ninja atau yang lainnya.

  2. iskandaria says:

    Saya sudah mengetes tampilan blog ini pada 4 browser, yaitu Chrome, Opera versi dekstop, Firefox, dan Safari.

    Secara visual, saya lebih suka tampilan di Chrome dan Opera. Lebih enak di mata saja (karena latarnya bukan putih dominan). Namun jika dinilai dari sisi ringan-beratnya, yang di Firefox dan Safari terasa lebih ringan (saat digulung).

    Kalau theme untuk Chrome dan Opera dekstop kayaknya agak berat ketika halamannya digulung. Agak tersendat-sendat alias kurang lancar.

    Masalah script untuk mengalihkan ke user agent tertentu, jujur saja pengetahuan saya masih minim soal itu. Tapi untuk versi mobile, saya juga menggunakan theme yang berbeda dari versi dekstop. Saya cuma memanfaatkan fitur ganti theme dari plugin WordPress Mobile Pack.

  3. ganda says:

    WordPress paling sempurna? Hohohohoho. You just don’t know how awesome is Drupal. Tak pernah saya menemukan engine PHP sudah jadi yang paling enak untuk dikembangkan. Lagi-lagi, bukan masalah konten. Tapi, apa yang ingin kamu buat di Drupal, everything is possible. :D

    1. aldy~PF says:

      Drupal? it’s not for dummy user like me.

      1. ganda says:

        Drupal is not CMS. Drupal is framework. And I love it. :D Yeah, not recomended for beginner user. :)

        1. ArdianZzZ says:

          Content Management Framework? Cobain ModX. :)
          Tidak suka ModX? sama! haha… saya telah jatuh hati dengan Textpattern. Tidak ada yang lebih nyaman dikelola selain TxP.

          1. ganda says:

            Hmm… Drupal bukan CMF, tapi WAF(Web Application Framework).

  4. ganda says:

    Yang terakhir di keinginan membuat fitur web berupa tampilan berbeda ip, beda os, beda negara bla bla bla, Drupal Views sudah lebih dari cukup. :D

  5. indam says:

    iskandaria,
    berarti tampilan yang di chrome lebih baik?
    susah di gulung karena ‘mungin css3 terlampau banyak makan memory’ padahal source di opera dan cheome, lebih ringan, karanya saya tidak menambahkan javascript disana, ada sih javascript tapi hanya untuk comment reply dan itu wajar.

    Ganda,
    apakah drupal blog engine?
    ketika pertama kali punya komputer, saya bingung mau pilh mana, antara joomla, drupal, atau wp.
    karena saya blogger(bukan pembuat situs) akhirnya setalah meminta saran sama ollie, sayapun memilih wp untuk saya pelajari secra maksimal. sedangkan drupal, joomla hanya sekedar tahu saja.
    saya ngga pernah install joomla maupun drupal secara online, jadi saya ngga bisa memberi opini.
    kemampuan saya terbatas dan saya ngga mampu mempelajari samua itu(drupal, joomla, wp) secara bersamaan(ngga tahu dimasa mendatang).

    saya sudah pernah mampelajari beberapa hal sekaligus dan hasilnya sangat berantakan(saya ngga mau mengulangi itu), jadi saya hanya fokus pada satu dulu, sekali lagi kemampuan saya terbatas.

    saya pernah membaca tulisan anda, dan anda mengatakan kalau ngga salah ‘(bukankan yang spesialis itu lebih baik)’? saya mencoba menerapkan itu. saya ngga mau terlampau memaksakan bisa ini, bisa itu.

    1. ganda says:

      bukan. Ia bukan blog engine. :D Disini saya mau menekankan, bahwa si WordPress yang kamu sebut itu nothing compared to Drupal. :D Saya malah sudah memilih untuk menspesialisasikan ke Drupal engine. WordPress? Say good bye saja. :D

      1. aldy says:

        @Bro Ganda,
        please bro, drupal not dummy user.
        most user thinking about wordpress or blogspot when they are make a blog. CMIIW

        1. ganda says:

          Whew. To think about blog, I prefer aura CMS. :D

          1. ArdianZzZ says:

            Untuk blog? Saya pilih Tumblr :)

  6. indam says:

    Ganda,
    ia, drupal lebih baik dari wp untuk urusan kemampuan mungkin, lagian drupal kan memang bukan untuk blog engine. kalau gini sih, tergantung si adminya, kalu hanya untuk blog ‘saya rasa wp yang terbaik'(only for blog) :)

    aldy,
    thanks udah mampir :)

    1. ganda says:

      Blog? Terbaik? Hmm.. Saya rasa saat ini adalah twitter sebagai tempat ngeblog terbaik. :D

  7. indam says:

    ganda,
    saya kurang nyaman pakai twitter, jadi saya ngga menganggap itu baik. bukankah yang terbaik itu adalah yang nyaman digunakan?

    1. ganda says:

      Masalah kurang nyaman itu tergantung individualitas.

    2. Daniele says:

      ajiib bisa ngilangin peyankit darah tinggi artikel yg kaya gini,jadi sadar kalo kita suka ga focus sama tujuan dan terus perhatiin comment kiri-kanan yg bikin lambat laju jalan kita bahkan lagi ga kontrol jadi full emosi pengen ngebales..ehm thank u bray..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-