7 Juli hanya activate 1(satu) Plugins

salah satu kelebihan worpress ialah karena pluginsnya, tahukan apa itu plugins!? beberapa plugins seperti google xml sitemap, wp-pagenavi, all in seo pack, share and bookmark dan plugins-plugins lainya

Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda.

salah satu kelebihan worpress ialah karena pluginsnya, tahukan apa itu plugins!? beberapa plugins seperti google xml sitemap, wp-pagenavi, all in seo pack, share and bookmark dan plugins-plugins lainya

Last Modif at July 8th, 2011

salah satu kelebihan worpress ialah karena pluginsnya, tahukan apa itu plugins!?

beberapa plugins seperti google sitemap, wp-pagenavi, all in seo pack, share and bookmark dan plugins-plugins lainya yang hanya saya aktifkan di localhost tentu ngga asing lagi lagi di telinga sobat, walaupun plugins tadi tergolong wajib install, namun saya tidak menginstallnya.

mengapa saya ngga memakai plugins?

sobat tahu, plugins ini membuat server kewalahan(coba test install banyak plugins) lihat hasilnya ketika ngereload blog sobat. yah walaupun size blog sobat hanya bertamabah sedikit, tapi yaitu tadi “ngerquest ke servernya yang bikin lama”, saya pikir agan tahu sistem kerja wordpress itu.

setting chmod atau permission(id=izin), ini yang sedikit beribet. ada beberapa plugins yang permissions filenya harus di setting ke 777, gila bener(kalau hacker tahu “mampus lah kita”). memang si kita bisa set lagi ke 755 atau 744, tapi kalau kelupaan gimana?(bersyukurlah kalian yang di beri izin login ke cpanel dan dan tidak pelupa).

beberapa plugins penting serta fungsinya

sebenarnya, jika agan bisa php “buat plugins itu ngga telalu sulit”(saya belum terlalu bisa php) jadi yang saya lakukan hanya menambahkan script plugins tadi ke dalam themes yang saya buat, contohnya di halaman depan blog saya ada wp-pagenavi, saya memasangnya secara manual atau script wp-pagenavinya langsung saya tambahkan ke themes saya :), begitupun dengan related post, share and bookmark, dan goole sitemap. berikut fungsi plugins yang saya ketahui.

wp-pagenavi

plugins ini berfungsi untuk membuat navigation page di home page blog sobat, contohnya |next page » | «prev page | « first | last ».

google sitemap

fungsi plugins ini ialah mambuat file baru di root dengan extensi[dot]xml dan [dot]gz serta merubah isi robots.txt, sedangkan fungsi dari file tadi adalah agar seluruh halaman blog kita dapat terindex oleh search engine.

allin ceo pack

plugins ini berfungsi untuk membuat/menambahkan meta keyword, meta description dan merubah tittle home, single post, page, archives, categori.

sociable

membuat tombol(mirip) yang bila di klik akan mengsubmit blog kita ke situs lain.

related post

membuat artikel berhubungan.

dari beberapa plugins tadi, kita bisa menambahkannya secara manual langsung ke themes kita. script pluginnya kan sudah ada, kita hanya perlu membaca lalu mengeditnya saja. tapi ada beberapa plugins yang beeeeeerrrrrrrr, bikin otak membeku/sulit di edit. maka dari itulah saya(dan kita semua) harus belajar agar nantinya kita bukan hanya mamakai, ngedit namun kita juga bisa membuat plugins itu. buat master php yang sudah bisa bikin engine sendiri, share sama saya ya, saya sudah patah semangat membuat cms sendiri.

plugins apa yang saya install dan activate?

saya hanya activate akismet, plugins ini fungsinya untuk menagkal spam-spam yang bikin kotor blog. sayangnya akismet ini kurang ampuh menghalau spam, ada beberapa comment yang tidak terdeksi sebagai spam. untuk activatenya(akismet) sobat harus mendapatkan app key dulu, yang saya lalukan untuk mendapatkan app key yaituh dengan membuat akun di wordpress.com

semoga tulisan ringan ini sedikit bermanfaat :)

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

2 thoughts on “7 Juli hanya activate 1(satu) Plugins”

  1. terima kasih sobat,, aku masih baru dan harus banyak belajar di sini.,,webnya keren banget..salut

  2. Rudy Azhar says:

    nanti dibahas ya pembuatannya secara manual, ketimbang harus pakai plugin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-