Tadi buat SKCK ma KTPK

beberapa minggu lalu, saya sudah kembali kerumah alias tinggal sama orang tua lagi, dulunya aku netep di rumah bibiku, rencananya skck dan ktpk ini

ilmu adalah senjataku, sabar adalah pakaianku, dan shalat adalah pelipur laraku. hadist

beberapa minggu lalu, saya sudah kembali kerumah alias tinggal sama orang tua lagi, dulunya aku netep di rumah bibiku, rencananya skck dan ktpk ini

Last Modif at July 6th, 2011

beberapa minggu lalu, saya sudah kembali kerumah alias tinggal sama orang tua lagi, dulunya saya netep di rumah bibi :). beberapa hari tinggal di rumah, saya di suruh buat SKCK(surat keterangan catatan kepolisian) dan SKTPK oleh ayah saya, tahukan apa fungsi SKCK dan KTPK itu, sebenarnya si dari beberapa hari lalu saya disuruh buat SKCK, namun baru hari ini bisa kesampaian.

apa persyaratan untuk ngurus dan membuat SKCK?

  • pas foto warna 3×4, 8 lembar
  • pas foto warna 4×6, 8 lembar
  • foto copy KTP
  • foto copy KK(kartu keluarga)
  • sedikit uang untuk beli minum kalau haus, :)

setelah bahanya sudah lengkap, langkah selanjutnya ialah minta surat pengantar di ketua RT, disini saya menyerahkan foto copy KTP dan foto copy KK. tunggu beberapa menit, kartu pengantarnya sudah rampung, nah setalah surat pengantar dari rt sudah jadi, langkah selanjutnya saya disuruh ke kantor camat/lurah. sebelum ke kantor lurah, saya sempatin diri singgah di tukang foto copy untuk gandakan KTP dan KK, setelah itu barulah berangkat ke kantor lurah, setibanya di kantor lurah, saya dan oceanrasta(temanku) bertemu dengan erwin dan daeng, ternyata erwin lagi ngurus SKCK juga. beberapa menit kemudian sayapun nanya ” perisi ‘bu’, kalau mau buat SKCK dimana ya?”, dari ujung kanan ada petugas yang menjawab sini. . .sini . .! datangin petugasnya, disitu saya nyerahin foto copy ktp, kk, surat pengantar dari RT dan selambar foto warna berukuran 4×6, setelah saya nyarahin berkas(kalau bisa pakai map), sayapun disuruh nunggu di luar!

kira-kira 45 menit berselang, nama saya di panggil. yes, surat pengantar dari lurah sudah jadi! kemana saya sekarang?, yang saya buat tadi hanya surat pengantar, untuk mendapatkan SKCK yang asli saya harus ke kapolsek.

sampai disini, kebiasaan buruk saya kambuh “suka ngulur-ngulur waktu”, saya dan beberapa temanku tadi ngobrol dulu hehehehehehehehe, setelah ngobrolnya sudah selesai, kamipun berangkat ke kapolsek, 30 menit perjalanan kamipun sampai di lokasi tujuan.

turun dari motor, saya langsung datengin petugas yang ada disitu!

permisi ‘bu’, (mungkin dalam hati dia bilang, emangnya saya yang lahirin kamu)”, mau buat SKCK, dengan tegas dia jawab!

  • perpanjang atau, baru?
  • ada surat pengantar dari lurah?
  • foto 4×6, 4 lambar?

kemudian saya menjawab “saya baru mau buat” dan surat pengantar serta foto sudah ada, abis itu saya dikasih kertas(formulir) 2 lembar, terus disuruh isi. saya ngisinya limayan lama, coz di formulir itu pertanyaannya banyak banget, mulai dari bentuk hidung, dagu, kepala, setelan tubuh, pokoknya lengkap dah yang pertanyaannya ;-P.

nah, setelah semua sudah diisi, berikutnya pengambilan sidik jari, berbeda dengan biasanya, disini “sidik jari diambil semua, mulai dari jempol sampai kelingking, tunggu beberapa menit akhirnya SKCK saya sudah jadi :), langkah terakhir ialalah nyerahin uang tunai sebesar Rp.20.00,00-.

proses pembuatan KTPK

setelah SKCK saya sudah jadi, saya langsung meninggalkan kapolsek, dan berangkat menuji dinas sosial dan tenaga kerja(disnaker), disini saya tidak membuang-buang waktu, saya langsung masuk ke kantor, trus nanya ke petugas!

Di disnaker ini lumayan ramai, banyak banget orang yang berkumpul, mereka lagi lihat pengumuman gitu!. tanpa buang-buang waktu saya langsung datengin petugasnya, disini saya menyerahkan KTP asli dan ijasah terakhir setalah itu petugasnya ngajuin beberapa pertanyaan! beberapa menit kemudian, petugasnya bilang “foto dulu ya”, tempat pemotretannya tepat disamping saya suduk! setelah di foto, saya disuruh nunggu lagi, ngga lama berselang, KTP dan ijasah saya dikembalikan beserta SKPKnya, jadi deh. . . ngurus KTPK itu ngga serumit ngurus SKCK.

setelah SKCK dan KTPK saya sudah jadi, saya dan teman-taman akhirnya mutusin untuk pulang. sebelum pulang, saya nyempatin diri ke bank, disitu saya saya nyari ATM untuk ngambil beberapa uang, abisnya kontong saya sudah sekarat, buat beli mium saja ngga ada!

oia disini ada kejadian aneh, saya dan anas diteriakin oleh security, “dari kejahuan security itu teriak” *wooooooiiiiiii, lepas helm!!!!!!!!!!!!*. yah mau ngga mau harus lepasin helm. mungkin mereka tsayat atmnya di bobol, yeh ngga mungkin lah, saya itu orang baik, niat saja ngga ada! huft.

beberapa saat kemudian sayapun pulang, sebelum pulang, saya sempatin diri singgah di warung TETEH, warung TETEH ini adalah tempat paforit saya untuk bolos ketika SMA dulu, lokasinya +-200 meter dari smk N1 bontang. sayangnya, dulu saya dapat musibah yang sangat tragis ketika sekolah di smk n1 bontang!, jadi jika ingat smk n1 bontang perasaan saya selalu tidak enak! :-P.

di warung teteh ini, kami sempatin diri untuk ngopi, suasananya asik! walaupun ramai dengan kendaraan tapi di situ ada pohon gede, kami berteduh di bawahnya, udaranya pun lumayan sejuk dan yah culuplah buat tempat ngobrol. kelamaan ngobrol ngga terasa waktu sudah menunjukkan pukuk 03.00pm. kamipun menuju loktuan(tempat tinggal saya), sesampainya di loktuan, kami langsung menuju warnet favorite, disitu saya online bentar “saya cuma ngecek indaam.net” apakah sudah bisa diakses atau belum, ternyata belum bisa. akhirnya saya pulang kerumah. malam harinya saya buka laptop dan belajar wordpress lagi serta sempatin nulis cerita ini.

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

2 thoughts on “Tadi buat SKCK ma KTPK”

  1. jones says:

    selesai!

  2. kickymaulana says:

    wah cerita nya seru kali mas, tapi kejadian yang gak bisa terlupakan itu ketika waktu SMA apa ya kira kira? jadi penasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-