Perbedaan WordPress.org dan Blogspot

indaam.net ini enginenya wordpress, sempat si terpikir untuk pakai bogspot, tapi seperti yang sobat ketahui blogspot itu

gagal dalam kemuliaan adalah lebih baik, daripada menang dalam kecurangan. lord efebry

indaam.net ini enginenya wordpress, sempat si terpikir untuk pakai bogspot, tapi seperti yang sobat ketahui blogspot itu

Last Modif at July 8th, 2011

indaam.net ini enginenya adalah wordpress.org, sempat si terpikir untuk pakai bogspot, tapi seperti yang sobat ketahui blogspot itu tidak friendly. untuk modifikasi tampilan blogspot kita membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak! kalau wordpress bisa di install di komputer pribadi, jadi kita ngga membutuhkan koneksi internet untuk belajar worpress(tanpa terkeculi). wordpress juga sangat mudah di pelajari, walaupun script dan sourcenya banyak tapi kan wordpress itu open source, so script dan sourcenya itu sudah terpampang lengkap di codex.worpress.org, kita juga dapat modifikasi tampilan(theme) sesuka hati, misal halaman homenya dua kolom, trus halaman postnya empat atau tiga kolom, begitupun untuk halam search, archive, tag, kategori, pages, serta not found bisa di buat berbeda-beda.

tentang seo

katanya nih, wordpress itu lebih sangat friendly dengan SEO, mungkin ia! tapi menurut saya blogspot juga bagus kok untuk SEO. menurut saya lagi, yang penting kita rajin ngupdate, saya yakin blog kita akan terindex dengan baik oleh search engine. oia, satu lagi jika melakukan copy-paste sebaiknya tulis sumbernya. sebenarnya si kalau saya pribadi copy-paste itu ngga jadi masalah, toh misal kita ngebahas tutorial script dan sorce codenya awalnya pasti bukan kita yang buat, ia kan? saya sering main di blog luar negri, dan kebanyakan blogger indonesia ngebahas tutorial yang sama(tapi di translate dulu ke bahasa indonesia), mereka ngga nulis sumbernya. intinya copy-paste itu ngga penting untuk di bahas.

aneh tapi nyata tentang copas

saya pernah nyasar ke salah satu blogger indonesia blogspot, di salah satu artikelnya dia mengklaim bahwa widget yang dia bahas adalah widget hasil buatannya. disitu saya tersenyum, dia pakai domain blogspot, seharusnya kan kalau di mampu membuat sebuah widget atau pluggins, kenapa masih pakai domain blogspot, kanapa ngga pakai domain.com dan menggunakan engine sendiri?, bener-bener aneh blogger yang satu itu, saya juga pernah dapet sebuah blog yang tulisannya berasal dari blogku(dia ngga nulis sumbernya), komentarnya banyak, ketika itu saya ngga ningalin komentar, saya hanya berharap suatu saat di sadar, saya juga senang karna tulisan saya dianggap berguna(kalau tidak berguna, dia ngga mungkin copy-paste).

masih tentang wordpress

pengguna blogspot hanya perlu bejajar css, html dan sedikit xml untuk memodifikasi tampilan blog maupun membuat template, ngga seru kan kalu cuma tahu html, css, js dan xml!. bandingkan dengan wordpress, di wordpress kita juga belajar php/mysql, enaknya wordpress itu ngga ada habisya dan lebih menantang, sebenarnya jika ditelusuri lebih dalam masih banyak perbedaan-perbedaan lainya, rinciannya adalah wordpress itu lebih baik ketimbang blogspot, setuju tidaknya itu semua tergantung pendapat pribadi masing-masing!

Indam

A geek, frontend developer. Like you, coding & experiment.
#web #design #ui #ux #standard #dreamer
#welding #interisti #beer #coffee

5 thoughts on “Perbedaan WordPress.org dan Blogspot”

  1. Aldy says:

    Xixixi…
    Berarti saya salah tebak, saya kira menggunakan engine blogspot.
    Kok gitu ? tampilan themenya menipu saya, karena theme seperti ini umumnya pada blogspot.
    OOT, tampilan blognya rata kiri pada peramban FX 3.6.3 ngga tahu kalau menggunakan peramban yang lain.

  2. kickymaulana says:

    wah, saya pake wordpress mas, tapi saya gak berani otak atik theme nya, takut rusak, jadi ya tema nya itu itu aja, love wordpress ye kan mas?

  3. terimakasih sudah berbagi informasi gan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Disclaimer, FAQ & License

Hello Gaes, untuk tujuan apapun semua content text di blog ini dapat di copas, tanpa harus menulis sumbernya. Namun content yang berupa gambar--harus Anda periksa kembali lisensinya.

Adapun(mungkin) sebagian content blog ini sudah kadaluarsa atau sudah tidak relevan, contoh :'Theme default WordPress 3+ adalah Twentyten 'apakah selamanya Twentyten?' ngga kan? Indam selaku pengelolah berharap melaporkan jika menemukan content basi yang mungkin dapat menimbulkan salah persepsi tentang content dan konsep itu sendiri. Oia, karena blog ini bersifat pribadi dan bukan untuk komersil, mungkin anda juga akan menemukan tulisan tentang aku dan hal-hal rancu yang sama sekali ngga ada hubungan dengan web dan blog-blogan. Perlu dicatat: Indam selaku pengelolah tidak bertanggung jawab atas kerugian materi, waktu, tenaga, pikiran yang mungkin ditimbulkan dari sini. So, pandai-pandai yah dalam memilah informasi. Thanks for reading.

Quote

Ketika Anda melihat orang lain mengangkat dirinya dengan cara merendahkan orang lain, sebenarnya orang itu lebih rendah dari mereka yang direndahkan. Phidias--greece filsuf

+
-